Malaysia Penuhi Target Raihan Medali Asian Games 2018

Selasa, 4 September 2018 19:32 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Herry Ibrahim/Indosport.com
Pebalap sepeda Malaysia, Awang Mohd Azizulhasni membawa bendera negaranya usai menjuarai kelas Sprin Putra  di Jakarta International Velodrome, Kamis (30/08/18). Awang berhasil meraih medali emas di nomer ini. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport.com
Pebalap sepeda Malaysia, Awang Mohd Azizulhasni membawa bendera negaranya usai menjuarai kelas Sprin Putra di Jakarta International Velodrome, Kamis (30/08/18). Awang berhasil meraih medali emas di nomer ini.

INDOSPORT.COM - Asian Games 2018 Jakarta-Palembang telah berakhir dan para atlet sudah kembali ke negara masing-masing. Bagaimana pencapaian beberapa negara tetangga Indonesia?

Pencapaian melebihi target juga diraih oleh kontingen Malaysia. Mengirimkan  417 atlet yang dipimpin oleh Datuk Seri Abdul Azim Mohd Zabidi, para atlet Malaysia meraih tujuh emas, 13 perak dan 16 perunggu di Asian Games 2018, melebihi pencapaian empat tahun lalu di Incheon dengan lima emas, 14 perak dan 14 perunggu.  

Namun, perolehan medali di Jakarta-Palembang masih dibawah pencapaian delapan tahun lalu di Asian Games 2010 Guangzhou di mana Negeri Jiran ini memperoleh sembilan emas, 18 perak dan 14 perunggu, seperti yang dilansir dari Bernama.

Malaysia unggul di cabang tenpin bowling dengan raihan dua emas dan dua perak, lalu ada sepeda track (satu emas, satu perak dan satu perunggu), squash (dua emas, satu perak dan satu perunggu), layar (satu emas, satu perak dan tiga perunggu), sepak takraw (satu emas dan satu perak).

© INDOSPORT
Hakimi Ismail, atlet lompat jauh asal Malaysia. Copyright: INDOSPORTHakimi Ismail, atlet lompat jauh asal Malaysia.

Sementara cabang-cabang lainnya cenderung biasa saja dan ada yang gagal meraih medali. 

Cabang bulu tangkis, misalnya. Di luar dugaan cabang andalan Malaysia justru gagal di Asian Games 2018 tanpa satu medali pun. Ditambah dengan absennya pebulu tangkis veteran Lee Chong Wei yang berobat ke Taiwan akibat penyakit pernafasan.

China seperti biasa masih unggul dengan raihan 132 emas, 92 perak dan 65 perunggu diikuti oleh Jepang (75-56-74), Korea Selatan (49-58-70) dan tuan rumah Indonesia di posisi empat (31-24-43).

Ikuti Terus Berita Olahraga dan Asian Games 2018 hanya di INDOSPORT