Asian Para Games 2018: Diwarnai Kontroversi, Tim Renang Korea Bersatu Raih Medali Pertama

Selasa, 9 Oktober 2018 16:25 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Yonhap
Atlet renang putra Korea Bersatu yang meraih perunggu sebagai medali pertama mereka di turnamen Asian Para Games 2018. Copyright: © Yonhap
Atlet renang putra Korea Bersatu yang meraih perunggu sebagai medali pertama mereka di turnamen Asian Para Games 2018.

INDOSPORT.com – Tim renang Korea Bersatu berhasil mengantongi medali perunggu di Asian Para Games 2018 setelah menerima keputusan penyelenggara pada Selasa (09/10/18) lalu.

Medali tersebut menjadi yang pertama kalinya bagi tim Korea Bersatu di ajang olahraga internasional untuk penyandang cacat. Meskipun pemerolehan medali tersebut harus diwarnai dengan kontroversi keputusan hakim, dilansir situs berita sports, Yonhap News.

Perlombaan yang dilakukan pada hari Senin menempatkan tim Korea di posisi ketiga setelah China dan Jepang di Gelora Bung Karno Aquatic Center, Jakarta. Namun setelah balapan, para juri mendiskualifikasi Jepang karena start yang salah dan perak siap diberikan kepada Korea.

Jepang yang tidak terima kemudian mengajukan banding, dan para hakim membatalkan keputusan awal. Kemudian tim Korea mengajukan keberatan, sehingga panitia harus menunda upacara pemberian medali sampai ada keputusan akhir.

Komite Paralimpik Korea (KPC) telah mengklaim bahwa tim bersatu itu akhirnya menerima keputusan hakim yang membatalkan diskualifikasi Jepang pada renang pria nomer 400 meter gaya estafet dan akan menerima perunggu.

Meskipun menerima perunggu, penyelenggara APG 2018 mengatakan hanya perenang Korea Selatan yang bisa berdiri di podium di upacara medali karena mereka atlet yang berkompetisi di kualifikasi dan final.

Tim Korea terpadu terdiri dari empat warga Korea Selatan dan tiga warga Korea Utara. Untuk babak kualifikasi, dua warga Korea Selatan dan dua Korea Utara berkompetisi bersama, tetapi untuk putaran final, hanya Korea Selatan yang masuk ke kolam renang.

Terus Ikuti Berita Olahraga dan Serba-serbi Asian Para Games 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM
  

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%