Masuk Tim Korea Bersatu di Asian Para Games 2018, Perenang Ini Terharu

Jumat, 5 Oktober 2018 09:46 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Perenang Korea Selatan (Korsel), Lim Woo-geun, tidak sabar ingin segera bekerja sama dengan para atlet asal Korea Utara (Korut) di ajang Asian Para Games 2018. Ia mengaku terharu dapat bergabung di tim Korea Bersatu untuk pertama kalinya.

“Saya belum bertemu dengan para atlet Korut tetapi ketika saya mendengar kata ‘Korea Bersatu’ saya langsung merinding. Terlepas dari bagaimana hasilnya nanti, rasanya sudah cukup bahagia bisa bertanding bersama mereka,” kata Lim seperti dikutip dari The Korea Herald.

Tim gabungan tersebut baru pertama kalinya berkompetisi bersama sepanjang sejarah olahraga para games mereka. Di Asian Para Games 2018 sendiri, tim Koraea Bersatu tidak hanya akan bergabung dalam cabang olahraga renang saja, tetapi juga tenis meja.

Pelatih renang Korsel, Sun Chang-yong, mengatakan bahwa ada kemungkinan perenang Korut akan berpartisipasi di nomor estafet medley dengan mengambil bagian gaya bebas. Sementara itu, perenang Korsel akan ambil bagian di sisa nomor yang ada.

Lim merupakan peraih medali emas di Paralimpik London 2012 dan berhasil kembali naik ke podium saat Paralimpik Rio 2016 dengan medali peraknya. Telah melalui pengalaman luar biasa saat ajang Paralimpik, Lim mengatakan bahwa kariernya akan terasa lebih lengkap jika dapat berkompetisi di tim Korea Bersatu.

“Jika saya dapat bertarung sebagai anggota tim Korea Bersatu, tentunya itu akan menjadi salah satu momen terbaik di karier saya setelah Paralimpik,” katanya lagi.

Selain itu, ia juga berhasil meraih medali emasi di Asian Para Games 2010 dan 2014 melalui nomor gaya dada 100 meter putra. Ia pun bertekad akan melakukan yang terbaik untuk melengkapi perolehan medalinya di level Asia tersebut.

“Ini mungkin turnamen terakhir saya jadi saya akan melakukan yang terbaik,” pungkasnya.

Terus Ikuti Berita Olahraga Asian Para Games 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT