Indonesia Turunkan Atlet Lapis Kedua di SEA Games 2019?

Sabtu, 17 November 2018 17:15 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© spin.ph
Logo SEA Games 2019. Copyright: © spin.ph
Logo SEA Games 2019.

INDOSPORT.COM – Di ajang SEA Games 2019 mendatang, Indonesia digadang-gadang hanya akan menurunkan atlet lapisan keduanya  pada kejuaraan se-Asia Tenggara tersebut.

Gatot S Dewa Broto selaku Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), membenarkan berita mengenai Indonesia yang akan menurunkan atlet lapisan keduanya pada ajang SEA Games 2019 mendatang di Filipina.

"Selama ini, kami hanya mengandalkan atlet-atlet elite saja. Jika atlet pelapis tidak diupayakan turun, mereka tidak punya kesempatan yang layak," ujar Gatot, dikutip dari Antara.

Namun Gatot melanjutkan, penurunan atlet pelapis kedua atau second layer ini belum dituangkan dalam peraturan.

Awalnya kabar ini tersebar saat Menpora Imam Nahrawi, mengatakan hal yang serupa sebelumnya. Hal ini rupanya merupakan strategi, guna memumbuhkan mental-mental baja pada atlet muda Indonesia yang dipersiapkan untuk Olimpiade Tokyo 2020 mendatang.

Pro dan kontra langsung mencuai usai kabar ini tersebar. Namun risiko ini nampaknya sudah Kemenpora terima matang-matang, yakni adanya kemungkinan turunnya prestasi Indonesia pada ajang tersebut.

Selain mengenai atlet lapis dua yang akan diturunkan, Kemenpora kabarnya akan memberikan anggaran sebesar Rp500 miliar yang diperuntukkan bagi pembinaan atlet sebelum ajang SEA Games 2019, Asean Para Games 2019, serta kualifikasi Olimpiade 2020 berlangsung.

Dana tersebut merupakan anggaran keseluruhan yang didapat Kemenpora. Untuk tahun 2019 saja, anggaran tersebut kabarnya mencapai angka Rp1,95 triliun.

Penulis: Fildzah Yumna

Ikuti Terus Berita OlahragaLainnya Hanya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%