3 Atlet Wanita Indonesia yang Warisi Semangat Maria Walanda Maramis

Sabtu, 1 Desember 2018 12:56 WIB
Penulis: Dimas Ramadhan Wicaksana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Instagram/Aries Susanti
Aries Susanti meraih medali emas dalam turnamen panjat tebing International Climbing Master Tournament di Wan Xian Xiang, China. Copyright: © Instagram/Aries Susanti
Aries Susanti meraih medali emas dalam turnamen panjat tebing International Climbing Master Tournament di Wan Xian Xiang, China.

INDOSPORT.COM - Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki banyak pejuang, baik laki-laki maupun wanita. Pahlawan-pahlawan tersebut memperjuangkan banyak hal, tidak hanya untuk kemerdekaan Indonesia, melainkan juga pahlawan yang berada di bidang lain seperti pendidikan.

Salah satunya adalah Maria Walanda Maramis. Mungkin nama pahlawan yang satu ini cukup asing di telinga. Dia adalah pahlawan wanita Indonesia yang berjuang untuk mengembangkan keadaan wanita di Indonesia pada permulaan abad ke-20.

Maramis dianggap sebagai sosok pendobrak adat pejuang kemajuan dan emansipasi perempuan di dunia politik dan pendidikan. Dia juga disebut-sebut memiliki bakat istimewa dan kerap kali daya pikir serta pengetahuannya dianggap lebih maju dari kamu laki-laki.

Maramis sendiri harus mengakhiri perjuangannya dan menghembuskan napas terakhirnya saat berusia 51 tahun, tepatnya 22 April 1924.  Untuk mengenang jasanya, sosok Maramis bahkan sampai dibuatkan patung di daerah kelahirannya.

Patung Walanda Maramis,terletak di Kelurahan Komo Luar, Kecamatan Wenang. Patung tersebut cukup dekat dari pusat kota Manado, yang mana hanya membutuhkan waktu 15 menit jika menggunakan angkutan darat.

Tidak hanya itu saja, Maramis yang lahir pada 1 Desember 1872, dijadikan sebagai salah satu hari bersejarah masyarakat Minahasa. Ya, setiap 1 Desember warga Minahasa memperingati Hari Ibu Walanda Maramis.

Maramis memang telah tiada sejak lama. Namun perjuangannya tentu patut diingat dan menjadi motivasi bagi semua wanita di Indonesia, untuk bisa berjuang, berprestasi lebih baik, hingga menghilangkan stigma wanita yang dianggap tidak bisa apa-apa.

Dalam dunia olahraga saat ini, ternyata terdapat beberapa wanita yang nyatanya mampu mewarisi perjuangan Maramis. Untuk itu, berikut portal berita olahraga INDOSPORT merangkum 3 atlet yang mewarisi perjuangan Maramis dan membanggakan Indonesia:

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%