Akhinya, SK Penetapan Cabor PON XX 2020 Sudah Diterbitkan oleh KONI Pusat

Sabtu, 4 Mei 2019 01:15 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Indra Citra Sena
© Sudjarwo/INDOSPORT
Wakil Ketua Bidang Pembinaan Organisasi KONI Pusat, Eman Sumusi. Foto: Sudjarwo/INDOSPORT Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Wakil Ketua Bidang Pembinaan Organisasi KONI Pusat, Eman Sumusi. Foto: Sudjarwo/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Surat Keputusan (SK) No. 24 tahun 2019 tentang penyempurnaan kedua SK No 72 tahun 2018 tentang penetapan cabang olahraga, nomor pertandingan, dan kuota atlet pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di Papua, telah diterbitkan oleh KONI Pusat.

Wakil Ketua Bidang Pembinaan Organisasi, Eman Sumusi, mengatakan dengan adanya SK tersebut maka sudah dipastikan jika jumlah medali emas yang akan diperebutkan berjumlah 768 berdasarkan jumlah nomor pertandingan.

"Kami meminta kepada pemprov Papua untuk mempercepat dan menyiapkan venue tempat pertandingan yang tersebar di lima klaster, antara lain Kabupaten dan Kota Jayapura, Kabupaten Mimika, Biak, Jayawijaya, dan Merauke maupun tiga kabupaten penyangga," ujar Eman kepada sejumlah wartawan olahraga di Jayapura, Jumat (3/5/19).

SK tersebut nantinya akan disebarkan ke 34 Provinsi di Indonesia, di mana pihak KONI daerah masing-masing sudah menanti kejelasan soal penetapan cabor PON XX, guna menyiapkan para atlet.

“Masih ada empat cabor yang belum diputuskan venue pertandingannya, jangan terlalu lama. Harus secepatnya berkoordinasi dengan TD dari induk organisasi Cabor di pusat,” jelas pria yang juga bertugas sebagai Sekretaris tim pengawas dan pengarah (Panwasrah) PON XX.

Eman juga mengimbau kepada Pemerintah Provinsi Papua agar melakukan percepatan pembangunan venue-venue, sehingga awal 2020 mendatang sudah rampung secara keseluruhan.

“Kalau venue di Jayapura progresnya sangat bagus, daerah-daerah lain yang harus dipacu lagi sehingga awal tahun depan bisa rampung semua venue PON XX 2020,” tandasnya.

Muhammad Zohri Buka-bukaan Usai Jadi Manusia Tercepat Indonesia

Ikuti Terus Perkembangan PON XX 2020 dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT