Mengenal 6 Game eSports yang Bakal Hiasi SEA Games 2019 di Filipina

Kamis, 9 Mei 2019 17:12 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Ini enam game eSport yang akan dilombakan di ajang Sea Games 2019. Copyright: © INDOSPORT
Ini enam game eSport yang akan dilombakan di ajang Sea Games 2019.

INDOSPORT.COM - Pada ajang SEA Games 2019 nanti, ada enam game yang akan dipertandingkan dalam cabang olahraga eSport. Keenam game itu adalah Mobile Legends, DOTA 2, Arena of Valor, StarCraft II, Tekken 7, dan NBA 2K19.

Berikut ini adalah penjelasan masing-masing game yang akan dilombakan dalam cabang eSport SEA Games 2019.

1. Mobie Legends

Mobile Legends atau yang disingkat ML adalah game yang masuk dalam kategori Multiplayer Online Battle Arena (MOBA). Di game ini, permainan akan dimainkan oleh 10 orang yang akan terbagi menjadi dua tim (5 orang masing-masing tim).

Setiap pemain harus memilih 1 hero sebelum mulai bermain. Hero adalah tokoh unik yang dipanggil untuk ikut berperang. Hero bisa dibedakan menjadi lima jika dilihat dari karakteristiknya, yaitu Marksman, Tank, Mage, Support, dan Assassin

Tujuan permainan ini adalah menghancurkan base lawan. Jika kita mampu menghancurkan base lawan, permainan selesai dan kita menang.

2. DOTA 2

DOTA adalah singkatan dari Defense of the Ancients. Game ini juga termasuk MOBA, tapi tidak dirilis di platform mobile. Seperti Mobile Legends, DOTA 2 juga dimainkan oleh 10 pemain yang dibagi menjadi dua tim, yaitu Radiant dan Dire. Tim Radiant berada di posisi kiri bawa layar dan tim Dire berada di posisi kanan atas.

Sama seperti Mobile Legends, DOTA 2 juga memiliki hero. Namun, meski ada 115 hero yang bisa digunakan, tiap pemain hanya boleh menggunakan 1 hero saja. Tujuan permainan ini adalah mempertahankan bangunan Ancient tim sekaligus menghancurkan Ancient milik lawan.

3. Arena of Valor
Arena of Valor atau AOV adalah MOBA dengan sistem permainan 5v5 yang sama dengan Mobile Legends dan DOTA 2, yaitu 10 pemain dibagi menjadi dua tim.

Di AOV, pemain bisa memilih role yang akan digunakan sesuai dengan strategi pemain, yaitu Tank, Warrior, Assassin, Mage, Marksman, atau Support.

Tujuan permainan ini menghancurkan monumen crystal musuh sembari melindungi crystal milik tim. Secara umum, permainan di AOV hampir sama dengan dua game sebelumnya.

4. StarCraft II

Game ini merupakan permainan bergenre RTS atau Real Time Strategy menggunakan sistem top down perspective. Game ini bisa menampung 12 pemain sekaligus untuk bermain di mode multiplayer.

Ada tiga race yang bisa kita mainkan, yaitu Terrans, Protoss, dan Zerg. Setiap race memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Tujuan dari game ini adalah menghancurkan semua markas musuh.

5. Tekken 7

Bagi gamer jaman Playstation 1, judul Tekken pasti tidak asing lagi didengar. Game fighting ini mulai dikenal setelah rilisnya Tekken 3.

Biasanya, para pemain pemula Tekken 7 akan memilih tokoh-tokoh seperti Alisa, Kazumi Mishima, Lili, dan Miguel Rojo yang memiliki kombo-kombo sederhana dan tak terduga.

Tekken 7 tak memiliki banyak perbedaan dari seri Tekken sebelumnya. Siapapun yang bisa menghabisi nyawa lawan, dia yang akan menang.

6. NBA 2K19

NBA adalah game simulasi basket. Sama seperti game FIFA atau Pro Evolution Soccer, dua pemain memilih tim dan bertanding.

Tujuan permainan ini memasukkan bola ke dalam keranjang lawan dan mencetak poin sebanyak-banyaknya sebelum waktu habis.

Meski belum diumumkan bagaimana sistem kualifikasi eSport di SEA Games 2019, tapi pada ajang SEA Games 2018 lalu, kualifikasi dilakukan secara pertandingan online, kompetisi offline, atau gabungan keduanya.

Ikuti Terus Perkembangan eSport dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM