10 Tahun Lagi Olahraga eSports Bisa Melahirkan Atlet Terkaya di Dunia

Sabtu, 25 Mei 2019 15:24 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Andrew D. Bernstein/NBAE via Getty Images
Kekayaan Megabintang Lakers, LeBron James, diprediksi bakal dikalahkan oleh atlet eSports dalam beberapa tahun kedepan. Copyright: © Andrew D. Bernstein/NBAE via Getty Images
Kekayaan Megabintang Lakers, LeBron James, diprediksi bakal dikalahkan oleh atlet eSports dalam beberapa tahun kedepan.

INDOSPORT.COM - Industri eSports saat ini memang kian menjanjikan. Di Indonesia sendiri, banyak atlet-atlet eSports  seperti Justin 'Jess No Limit' Tobias bahkan dapat memiliki penghasilan hingga miliaran rupiah yang berasal dari hobinya bermain gim.

Dengan realitas ini, tak ayal banyak gamers memilih untuk menjadi atlet eSports dibandingkan atlet olahraga konvensional seperti basket. Hal ini diakui oleh pemilik Washington Wizards, Ted Leonis, seperti yang dikutip dari kanal Revival TV. 

Ted Leonis meyakini bahwa atlet eSports akan menghasilkan penghasilan yang lebih tinggi daripada atlet-atlet konvensional lainnya.

Sebut saja LeBron James yang mempunyai pendapatan hingga 5,6 juta dollar AS (sekitar Rp516 miliar). Ia meyakini atlet eSpors NBA 2K (virtual gim dari ajang basket terpopuler di dunia) akan melampaui kekayaaan megabintang LA Lakers tersebut.

"Saya percaya bahwa 10 tahun mendatang pemain NBA 2K akan lebih terkenal, populer, dan dibayar lebih tinggi dari gaji LeBron James saat ini," ujar Ted Leonis.

Ted Leonis pun menambahkan bahwa dunia eSports memiliki fleksibilitas karena dapat dinikmati kapan saja dan oleh siapa saja. Hal tersebut mendasari pernyataannya di atas.

Namun untuk saat ini, pendapatan atlet eSports terutama di gim NBA 2K terhitung cukup besar. Untuk kontrak selama enam bulan, para atlet tersebut dikontrak dengan bayaran 35 ribu dollar AS (Rp503 Juta).