Komunitas Sehat

4 Tips Jitu untuk Kamu yang Pertama Kali Nge-Gym dan Fitness

Minggu, 28 Juli 2019 02:43 WIB
Penulis: Martini | Editor: Yohanes Ishak
© Getty Images
Ilustrasi gym. Copyright: © Getty Images
Ilustrasi gym.

INDOSPORT.COM – Salah satu kendala yang seringkali menghalangi seseorang untuk menerapkan gaya hidup sehat adalah keraguan saat pertama kali melakukan sesuatu, seperti misalnya ragu saat pertama kali harus datang ke tempat gym dan fitnes, apalagi jika harus dilakukan seorang diri.

Tanpa memiliki pengetahuan dasar mengenai tempat gym dan fitnes, atau aktivitas yang harus dilakukan saat berada di gym, kedatangan kita bisa menjadi sorotan banyak orang, atau bahkan harus berujung malu dan kehilangan motivasi untuk kembali ke tempat tersebut.

Setidaknya ada beberapa langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum kamu memutuskan untuk datang ke gym dan fitnes, hingga mencoba berbagai alat dan fasilitas yang tersedia di sana.

Berikut portal media olahraga INDOSPORT.com merangkum empat tips jitu untuk kamu yang pertama kali nge-gym dan fitnes.

1. Cari Tahu Fasilitas, Fungsi dan Cara Pakainya

Informasi mengenai fasilitas yang ada di gym dan fitnes bisa didapatkan dengan mudah melalui internet. Sesuaikan dengan kebutuhan yang kamu inginkan, misalnya ingin mengecilkan lingkar perut, membentuk otot lengan, atau beberapa tujuan lainnya.

Pastikan kamu juga mencari tahu bagaimana cara kerja alat-alat yang ada di gym dan fitnes. Jika membutuhkan bantuan dan penjelasan lainnya, jangan ragu untuk bertanya kepada instruktur atau pengunjung lainnya.

2. Jangan dengan Perut Kosong

Aktivitas gym dan fitnes rutin memang bisa mengurangi berat badan atau untuk diet, namun bukan berarti kamu harus beraktivitas dengan perut kosong. Sebelum berolahraga, pastikan perutmu sudah terisi, namun juga jangan sampai terlalu kenyang.

Asupan yang sehat akan membantu tubuhmu memiliki tenaga yang cukup untuk melakukan serangkaian aktivitas olahraga, baik di tempat gym maupun fitnes.

3. Jangan Stuck di Satu Tempat

Tempat gym atau fitnes memiliki banyak koleksi untuk membantu berolahraga dan mendapatkan hasil terbaik. Jadi, jangan sampai kamu hanya stuck di satu tempat dan tak ingin mencoba fasilitas lainnya.

Mencoba beragam fasilitas juga bermanfaat untuk mendapatkan hasil terbaik, agar selanjutnya kita betah untuk kembali ke tempat gym dan fitness itu, dan tidak merasa bosan dengan hanya satu aktivitas saja.

4. Tahu Kapan Harus Beristirahat

Jangan forsir tubuhmu dengan berolahraga keras guna mendapatkan hasil yang cepat, sebab gym dan fitnes juga memerlukan waktu dan konsistensi untuk mendapatkan bentuk tubuh yang kita inginkan.

Kamu juga harus tahu kapan waktunya untuk beristirahat dan memulihkan tenaga. Terlebih bagi kamu yang pertama kali gym dan fitnes, harus melakukan peregangan karena bisa saja ototmu tegang saat pertama kali beraktivitas berat. Jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih guna mengembalikan stamina tubuh.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%