Banyak Masalah di SEA Games 2019, Pacquiao Minta Masyarakat Filipina Bersatu

Rabu, 27 November 2019 14:39 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Sid Ventura/ESPN5
Petinju legendaris sekaligus anggota dewan Filipina, Manny Pacquiao, menghimbau seluruh masyarakat untuk bersatu demi menyelamatkan 'wajah' SEA Games 2019. Copyright: © Sid Ventura/ESPN5
Petinju legendaris sekaligus anggota dewan Filipina, Manny Pacquiao, menghimbau seluruh masyarakat untuk bersatu demi menyelamatkan 'wajah' SEA Games 2019.

INDOSPORT.COM - Petinju legendaris, politikus, sekaligus anggota dewan Filipina, Manny Pacquiao, menghimbau seluruh masyarakat untuk bersatu demi menyelamatkan 'wajah' SEA Games 2019.

Meskipun belum resmi dibuka, perhelatan multi event se-Asia Tenggara atau yang disebut SEA Games, telah memunculkan banyak keluh kesah dan protes dari berbagai pihak. Mereka mengeluhkan pihak panitia Filipina yang terkesan kurang matang dalam melakukan persiapan SEA Games 2019 tersebut.

Selain dinding ruang media Stadion Rizal Memorial yang tidak bercat dan kursi yang tersedia hanya berupa kursi plastik khas kursi-kursi di warung bakso, dan toilet wanita yang jorok dan tanpa sekat, makanan yang disajikan pun kurang kurang sesuai dengan standar nutrisi atlet profesional.

Melihat hal yang memprihatinkan ini, petinju legendaris Filipina, Manny Pacquiao, langsung bertindak dengan mengajak seluruh masyarakat negara tetangga Indonesia tersebut untuk bersatu dan mendukung para atlet mereka di SEA Games 2019 dan tidak memperparah situasi dengan terus membicarakan tentang kekurangan persiapan itu.

"Saya meminta seluruh masyarakat Filipina untuk bersatu dan mendukung para atlet kita yang tengah dan akan berjuang di kompetisi ini. Mereka adalah wajah kita. Mereka adalah kebanggaan kita. Saya juga meminta masyarakat untuk tidak membicarakan tentang masalah kita ini sampai SEA Games selesai," ujar Pacquiao seperti dilansir dari laman portal berita olahraga Inquirer.

"Saya telah berkunjung ke sana (New Clark City, tempat penginapan atlet SEA Games) dan sepertinya tidak ada masalah. Saya bertanya kepada partisipan dari Thailand dan Indonesia: Bagaimana makanannya? Mereka menjawab, 'sangat enak'. Mereka terlihat senang dan segala sesuatunya baik-baik saja. Tidak ada masalah," lanjutnya.

"Kalau memang ada masalah, kita bicara nanti saja. yang penting, mari fokus untuk kompetisi ini dan membuktikan bahwa kita, Filipina, bisa menyambut para hadirin dengan baik. Namun, jika ada sesuatu yang memang butuh segera ditangani, saya harap kita semua bisa turun tangan untuk menyelesaikannya dengan segera," pungkasnya.

Meski tampaknya memprihatinkan, tapi pihak klub sepak bola Filipina yang bernama Ceres Negros telah menyewa 17 bus mewah untuk akomodasi para atlet yang ikut serta. Sehingga, meski masih banyak hal yang harus diperbaiki, tapi pihak penyelenggara tetap bertindak untuk sedikit demi sedikit menyelesaikan masalah mereka di SEA Games 2019.