Sport Center Sumut Didesain Seperti Kelapa Sawit, Begini Jawaban Edy Rahmayadi

Jumat, 6 Desember 2019 13:45 WIB
Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Indra Citra Sena
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Gubernur Sumut yang juga Dewan Penasehat PSMS Medan, Edy Rahmayadi. Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Gubernur Sumut yang juga Dewan Penasehat PSMS Medan, Edy Rahmayadi.

INDOSPORT.COM - Pembangunan sport center Sumatra Utara (Sumut) di Desa Sena, Kabupaten Deli Serdang, semakin terang. Dijadwalkan pembangunan kompleks olahraga ini akan dimulai pada Januari 2020.

Sport center Sumut yang diproyeksikan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 ini akan dibangun di lahan seluas 300 hektar dan menelan biaya Rp 7,5 triliun ini diharapkan rampung pada 2023.

Hal itu diungkapkan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, saat pemaparan master plan sport center Sumut dengan pihak arsitektur di Kantor Gubernur Sumut, Medan, Selasa (3/12/19).

Dalam pertemuan itu sport center ini didesain menyerupai bentuk pohon kelapa sawit. Menyikapi hal itu, Edy telah menyetujui desain tersebut yang susunannya terdiri dari venue-venue dan sarana pendukung.

"Setuju, memang bentuknya seperti itu mengantar ke posisi-posisi venue-nya masing-masing," ujar Edy Rahmayadi kepada awak media.

Edy mengatakan dalam penyusunan master plan sport center kali ini dipercayakan kepada arsitektur PT Penta Rekayasa Priastini Amrita serta teamleader Tuti Zardania.

Mereka dipercaya tidak hanya merancang kawasan sport center sebagai ruang untuk pelaksanaan even olahraga saja, namun juga menjadi pusat pasar penjualan UMKM, suvenir, dan destinasi wisatawan lokal maupun asing.

Maka, lanjut Edy Rahmayadi, gedung yang dibangun di kawasan sport centre juga dikemas dengan konsep budaya asli Sumut seperti Melayu, Batak, Karo, dan etnis asli Sumut.

"Jadi arsitektur ini bukan baru ketemu sekarang. Dia menerjemahkan maunya kami. Nanti ada UMKM-UMKM di situ, ada tempat suvenir-suvenir dari 33 kabupaten/kota Sumut. Semuanya ada di situ," ucap eks Ketua Umum PSSI itu.

"Karena (lokasi) itu tidak hanya dipakai pada saat PON atau event sport. Jadi turis mau datang ke sana untuk lihat Sumut ada di situ. Karena lengkap nanti. Ada jenis makanannya, ada jenis tamannya. Ada jenis budaya-budayanya di situ," harap Edy. 

Dalam kesempatan itu, turut hadir Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah, Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan, Kadispora Sumut, Baharuddin Siagian, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis, dan stakeholder lainnya.