Komunitas Sehat

Hujan dan Malas Keluar Rumah, Ini Olahraga yang Cocok untuk Kaum Rebahan

Rabu, 25 Desember 2019 16:37 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Mensok.com
Hujan pada bulan Desember memang membuat kebanyakan orang malas keluar rumah dan memilih untuk rebahan di tempat tidur. Copyright: © Mensok.com
Hujan pada bulan Desember memang membuat kebanyakan orang malas keluar rumah dan memilih untuk rebahan di tempat tidur.

INDOSPORT.COM - Hujan pada bulan Desember memang membuat kebanyakan orang malas keluar rumah dan memilih untuk rebahan di tempat tidur.

Namun, hal itu bisa membuat lemak di dalam tubuh menggumpal dan tentu saja tidak baik untuk kesehatan.

Meski berada di tempat tidur, kita bisa mensiasati dengan melakukan gerakan olahraga olah tubuh supaya badan kita tetap terjaga.

Berikut Olahraga yang cocok untuk kaum rebahan yang telah dirangkum oleh Indosport:

1. Sit-up

Memang gerakan sit-up ini tidak asing terdengar oleh sebagian orang yang gemar berolahraga. Gerakan ini bertujuan untuk mengencangkan otot perut. Meski berada di kasur, kita tetap bisa melakukan olahraga ini. 

Langkah pertama untuk melakukan sit-up yakni berbaring sambil menekuk kedua lutut. Kemudian, sentuhkan ujung jari tangan di belakang telinga. Setelah itu bangunkan tubuh dari lantai lalu dekatkan dada ke paha. Yang terakhir, turunkan kembali tubuhmu ke posisi semula.

2. Jackknife sit-up

Sama seperti sit-up, olahraga ini bertujuan untuk membuat otot perut kita menjadi kencang.

Cara melakukannya yakni kaki lurus dan kedua tangan ada di samping tubuh atau diletakkan di atas kasur. Setelah itu, angkat kedua kaki dan kepala dengan bersamaan. Tahan posisi itu selama kurang lebih 5-7 detik lalu lepaskan kembali.

3.Donkey kick

Olahraga ini bisa membuat pantat kita menjadi terlihat kencang. Meski berada di kasur kita tetap bisa melakukan gerakan ini.

Caranya adalah posisikan tubuhmu dengan merangkak di atas kasur. Pilihlah bagian pinggiran kasur agar kamu bisa memosisikan sebelah kaki dan sebelah lainnya menjuntai.

Untuk bagian kaki yang menjuntai, gerakkan kakimu seperti saat melakukan donkey kick. Lakukan bergantian antara kaki kiri dan kanan selama masing-masing kurang lebih 30-40 detik.

4. Bicycle crunch

Olahraga ini memiliki kasiat untuk mengencangkan otot dada, perut, leher dan kaki. 

Cara melakukannya yakni posisikan tubuhmu sambil tiduran lalu lakukan gerakan bicycle crunch selama kurang lebih 30 detik. Bedanya, bicycle crunch sambil tiduran perlu dilakukan dengan kepala sedikit menengadah supaya hasilnya bisa terlihat jelas.

5. Knee lift-leg kick combo

Olahraga ini cukup simpel untuk dilakukan, dan tujuannya adalah memperkuat otot bagian paha.

Langkah yang harus dilakukan adalah sambil tiduran lalu berbaringlah dengan miring ke kanan atau ke kiri. Saat berbaring salah tangan kita memegang kepala dan yang lain menyentuh pinggang.

Kemudian, angkat salah satu kaki setinggi 45 derajat, tahan hingga 5-10 detik dan turunkan secara perlahan. Lakukan gerakan ini 30 sampai 40 kali pada masing-masing sisi.

Lima gerakan di atas yang telah dirangkum oleh INDOSPORT wajib dilakukan saat kamu malas gerak dan sedang dalam program untuk diet.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%