Komunitas Sehat

8 Gerakan Olahraga Rutin untuk Pekerja Kantoran yang Sibuk

Jumat, 27 Desember 2019 08:47 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasao | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© www.indiatoday.in
Kesibukan terkadang menjadi alasan pekerja kantoran tidak bisa memiliki pola hidup sehat. Namun, hal itu tidak akan terjadi jika mengikuti beberapa langkah ini. Copyright: © www.indiatoday.in
Kesibukan terkadang menjadi alasan pekerja kantoran tidak bisa memiliki pola hidup sehat. Namun, hal itu tidak akan terjadi jika mengikuti beberapa langkah ini.

INDOSPORT.COM - Kesibukan terkadang menjadi alasan mengapa pekerja kantoran tidak bisa memiliki pola hidup sehat. Namun, hal itu tidak akan terjadi jika bisa mengikuti beberapa gerakan olahraga rutin ini.

Sebagai seorang pekerja kantoran terkadang selalu membuat orang-orang melakukan berbagai aktifitas monoton. Sebut saja duduk di kursi dengan dan melakukan pekerjaan seperti mengetik pada laptop atau komputer.

Aktivitas ini sendiri menyita waktu yang terbilang lama bisa hingga 9 jam. Belum lagi adanya waktu lembur yang membuat pekerja kantoran harus berdiam diri lebih lama untuk bekerja di kantor.

Alhasil, aktivitas ini selalu membuat pekerja kantoran mendapat berbagai masalah kesehatan karena kurangnya melakukan gerakan. Masalah kesehatan ini tentu akan mempengaruhi pekerjaan untuk kedepannya.

Walaupun begitu bukan berarti ketika berada pada lingkungan kerja kita tidak bisa berolahraga. Jika cermat sebenarnya ketika para pekerja kantoran selalu melakukan aktivitas monoton di kantor, ada beberapa langkah olahraga sederhana yang dijamin ampuh untuk menjaga kebugaran dan kesehatan.

Penasaran dengan olahraga yang bisa dilakukan di kantor? Berikut portal berita INDOSPORT merangkum 8 gerakan olahraga sederhana bagi pekerja kantoran dilansir kanal resmi Forbes.

1. The Magic Carpet Ride

Gerakan ini lebih mengutamakan kekuatan kedua tangan dengan posisi mengangkat kaki ketika dilipat layaknya bersila. Posisi tangan harus kuat menggenggam sisi kiri dan kanan kursi agar tidak goyang. Tahan posisi 10 hingga 20 detik dalam lima set.

2. The Little Mermaid at Work

Gerakan ini lebih kearah peregangan seperti biasa dengan cara memposisikan kedua tangan keatas berada di antara kepala. Kemudian gerakan badan ke arah kiri dan kanan. Biasakan untuk menahan tiap posisi selama 10 detik per set dengan total lima set.

3. Triceps Desk Dips

Gerakan selanjutnya lebih mengarah latihan otot triceps. Posisikan tangan ke belakang dan berpegangan pada sisi meja, kemudian gerakan bada turun dan ke atas secara bergantian dengan otot siku membentuk pola 90 derajat. Lakukan dalam 20 repetisi.

4. Desk Push Up

Sesuai namanya kali ini mengandalkan gerakan push up reguler dengan menggunakan meja. Posisikan tangan di atas meja, pastikan tubuh lurus dan gerakan badan naik dan turun secara bergantian. Lakukan dalam 20 repetisi.

5. Carpal Tunnel Reliever

Kali posisikan punggung tangan menghadap meja dan coba tekan secara perlahan. Tahan posisi ini dalam waktu 15 detik untuk membuat posisi pergelangan tangan menjadi rileks.

6. The Wooden Leg

Jika diterjemahkan frasa ini berarti kaki kayu yang dalam artian menjaga posisi kaki tetap lurus. Untuk melakukan gerakan ini pastikan tubuh tetap berada pada kursi dan coba angkat kaki dengan lurus. Pastikan menahan posisi ini dalam waktu dua detik per 15 repetisi.

7. Invisible Chair Sit

Latihan berikutnya bukan berarti duduk dalam kursi tak kasat mata, melainkan gerakan yang lebih mirip squat pada umumnya. Untuk melakukannya cukup posisikan tubuh berdiri tegak dan coba turunkan bokong namun tidak mencapai permukaan kursi. lakukan gerakan ini sebanyak 20 kali.

8. Sitting Spinal Strecth

Terakhir ada gerakan peregangan bagian punggung. Cukup pegang bagian belakang kursi ketika posisi badan sedang duduk, coba putar badan secara bergantian dari kanan dan ke kiri coba tahan selama 10 detik. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%