Soal Tim Indonesia ke Olimpiade 2020, Menpora Tunggu Saran Kemenkes

Jumat, 28 Februari 2020 15:18 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Alessandro Di Ciommo/NurPhoto via Getty Images
Robot Miraitowa, robot yang akan menjadi ikon dari Olimpiade Tokyo 2020 Copyright: © Alessandro Di Ciommo/NurPhoto via Getty Images
Robot Miraitowa, robot yang akan menjadi ikon dari Olimpiade Tokyo 2020

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, mengatakan ia akan mengikuti saran dari Kemenkes dalam menentukan partisipasi di Olimpiade Tokyo 2020.

Pemerintah Indonesia pun tidak ingin mengambil salah tindakan dalam keputusan terhadap kontingen Indonesiayang  akan tetap mengikuti Olimpiade Tokyo 2020 atau tidak. Bahkan Menpora pun menyampaikan jika Olimpiade Tokyo 2020 akhirnya dibatalkan, itu akan menjadi urusan negara penyelenggara Olimpiade.

"Jika Jepang mengambil keputusan itu (membatalkan Olimpiade) itu urusan dalam negeri mereka. Tetapi kita juga punya pemerintah, ada Kemenkes. Kita tunggu dari sana. Apa yang disampaikan Kemenkes itu yang kami ikuti," ujar Menpora, dikutip dari Antara.

Rencana pembatalan Olimpiade Tokyo 2020 diungkapkan langsung oleh anggota senior Komite Olimpiade Internasional (IOC) Dick Pound. Jika penyebaran virus Corona terus semakin mengancam, tidak menutup kemungkinan jika Olimpiade Tokyo 2020 akan dibatalkan.

"Kami mungkin akan lebih mempertimbangkan pembatalan. Menurut saya orang-orang harus bertanya apakah kondisinya sudah terkendali sehingga kami bisa pergi ke Tokyo," ujar Pound dalam wawancara ekslusif bersama kantor berita AS, Associated Press, Rabu (26/02/20).

Di Jepang sendiri, virus yang diberi nama COVID-19 oleh WHO itu telah mencatatkan 172 orang terinfeksi, dan sejauh ini 2 orang dilaporkan meninggal dunia akibat virus mematikan itu. Bahkan virus Corona pun telah menyebar ke negara-negara di Eropa, dan telah memakan korban jiwa.

Penulis: Tesa Yohana