PON 2020 Resmi Diundur, Ini Kata Menpora

Kamis, 23 April 2020 15:16 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Lanjar Wiratri
© Sudjarwo/INDOSPORT
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, memutuskan menunda perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 Papua. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, memutuskan menunda perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 Papua.

INDOSPORT.COM - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, memutuskan menunda perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 Papua. Keputusan ini diambil ketika Presiden Jokowi menggelar Rapat Terbatas dengan Menpora, Zainudin Amali.

Dari hasil Ratas kali ini, PON 2020 ditunda hingga bulan Oktober 2021 di lokasi yang sama yakni Papua. Menpora Zainudin Amali pun menerima keputusan dari Presiden Jokowi.

"Bapak Presiden memutuskan untuk pelaksanaan PON ke-20 di Papua yang tadinya direncanakan Oktober 2020 ditunda menjadi Oktober 2021," kata Zainudin Amali.

Menteri asal Gorontalo ini menilai ada beberapa alasan mengapa PON 2020 terpaksa ditunda. Distribusi alat-alat terhambat karena penyebaran virus corona.

"Karena bahan-bahan sekarang ini sudah kurang tersedia, kemudian pendistribusian bahan-bahan untuk pembangunan yang didatangkan dari luar papua juga mengalami hambatan, sebagaimana kita tahu bahwa sekarang ini provinsi Papua memberlakukan penutupan," kata Zainudin.

Imbas virus Corona juga membuat pengadaan peralatan PON 2020 terhambat karena produsen.

"Sehingga mereka juga dalam produksinya terkendala. Belum lagi kalau kita bicara distribusi dan pengirimannya dan berbagai hal yang juga menyangkut itu," jelas ia.

"Persiapan atlet di situasi ini juga terganggu. Mereka sekarang melakukan latihan secara mandiri, itu tentu hanya menjaga kebugaran saja, namun untuk prestasi maksimal kita tidak bisa harapkan," tutup Zainudin.