Pemprov Papua Tak Hanya Jadikan PON XX sebagai Event Olahraga

Rabu, 1 Juli 2020 18:52 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Sudjarwo/INDOSPORT
Suasana launching portal pendaftaran wartawan PON XX Papua. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Suasana launching portal pendaftaran wartawan PON XX Papua.

INDOSPORT.COM - Pemerintah Provinsi Papua ingin menjadikan event Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tak hanya sekadar sebagai event olahraga saja, melainkan juga untuk mengangkat dua aspek penting lainnya.

Dijelaskan Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, Muhammad Musa'ad, mewakili gubernur Papua, dua aspek lain yang akan ditonjolkan yakni pariwisata dan kultur budaya.

"Event PON tidak hanya menjadi event olahraga semata, kita sudah menetapkan bahwa ada tiga aspek penting yang berkaitan dengan ciri khas PON Papua,

"Pertama olahraganya, kedua kultur budaya, dan ketiga pariwisatanya," ujar Musa'ad kepada wartawan di Jayapura usai peluncuran portal pendaftaran wartawan PON XX, Rabu (01/07/20).

Musa'ad mengatakan, Pemerintah Provinsi Papua memiliki ambisi besar untuk menggelar pesta olahraga empat tahunan itu yang berbeda dari PON-PON sebelumnya.

"Kita ingin wujudkan PON yang berbeda dari PON sebelum-sebelumnya," pungkasnya.

PON XX Papua resmi telah dimundurkan hingga Oktober tahun 2021 mendatang. Kebijakan tersebut dibuat oleh Pemerintah Pusat terkait adanya pandemi Covid-19.