Momentum HUT RI ke-75, Istora Papua Bangkit Cetak 3 Rekor MURI

Rabu, 19 Agustus 2020 09:32 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Sudjarwo/INDOSPORT
Gedung Istora Papua Bangkit yang telah mencatatkan 3 rekor MURI sekaligus. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Gedung Istora Papua Bangkit yang telah mencatatkan 3 rekor MURI sekaligus.

INDOSPORT.COM - Di tengah perayaan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 tahun, venue Istora Papua Bangkit yang dibangun oleh Kementerian PUPR resmi mencatatkan 3 rekor MURI sekaligus.

Sebanyak 3 Rekor MURI tersebut yakni kategori atap dome terpanjang tanpa baut, bentang baja dome terpanjang, dan sistem pendingin.

“Dengan berbagai pencatatan rekor tersebut, Istora Papua Bangkit selayaknya akan menjadi arena multifungsi yang menjadi kebanggaan Bangsa Indonesia, khususnya masyarakat Papua," jelas  Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Iwan Suprijanto dalam rilisnya, Senin (17/8/20) malam.

"Sekaligus bukti, bahwa teknologi tinggi dan canggih bisa dibangun di tanah Papua” sambungnya.

Tiga dari tujuh venue olahraga yang dibangun Kementerian PUPR secara fisik telah selesai lebih cepat dari jadwal akhir waktu kontrak bahkan telah memperoleh Sertifikat Berstandar Internasional.

Ketiga venue itu yakni arena aquatic di kawasan olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur dan arena cricket maupun lapangan hoki (indoor dan outdoor) di Kampung Doyo Baru, Distrik Waibu.

Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo saat Rapat Terbatas (Ratas) terkait Persiapan Penyelenggaraan PON XX di Papua pada 17 Januari 2020 lalu.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, bahwa penyelesaian pembangunan venue olahraga PON XX dilaksanakan dengan cermat, mulai dari tahap desain, pembangunan, dan pengawasannya dengan tetap memperhatikan aspek keselamatan yang melibatkan pengawasan dari Komite Keselamatan Konstruksi (Komite K2).

"Diharapkan terselesaikannya venue PON tersebut tidak hanya menjadi kebanggaan warga Papua saja, namun juga menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia serta dapat mendorong para anak muda, khususnya atlet-atlet Papua lebih semangat dan berprestasi menjadi juara, baik dikancah nasional maupun internasional," kata Menteri Basuki.

Pembangunan Venue Istana Olahraga (Istora) Papua Bangkit yang dilaksanakan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah Papua Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian PUPR saat ini progress fisiknya dalam tahap penyelesaian akhir.