Logo, Maskot, Tagline dan Jingle Peparnas XVI Resmi Diluncurkan

Jumat, 27 November 2020 20:50 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Herry Ibrahim
© Sudjarwo/indosport.com
Ketua Harian PB Peparnas, Doren Wakerkwa, saat meluncurkan logo, maskot, tema, tagline dan jingle Peparnas XVI. Copyright: © Sudjarwo/indosport.com
Ketua Harian PB Peparnas, Doren Wakerkwa, saat meluncurkan logo, maskot, tema, tagline dan jingle Peparnas XVI.

INDOSPORT.COM - Logo, maskot, tagline, tema dan jingle Peparnas XVI 2021 resmi diluncurkan oleh Panitia Besar Pekan Paralimpik Nasional (PB Peparnas) di Halaman Kantor Gubernur Papua, Kota Jayapura, Jumat (27/11/20) malam.

Peluncuran beberapa ikon tersebut dilakukan sebagai salah satu rangkaian persiapan tuan rumah Papua menuju event Peparnas XVI tahun 2021 mendatang.

"Launching ini menjadi dasar untuk melakukan persiapan kita sebagai tuan rumah hingga pelaksanaannya nanti  Launching ikon-ikon ini sangat mempunyai keterkaitan dengan adat dan budaya orang Papua. Sehingga dapat menginspirasi kita agar bisa sukses untuk menggelar acara ini," ujar Ketua Harian PB Peparnas, Doren Wakerkwa, usai peluncuran.

Dirinya menuturkan, ditunjuknya Papua sebagai tuan rumah pelaksanaan PON XX dan Peparnas XVI merupakan sebuah wujud nyata dari Pemerintah Pusat.

'Penyelenggaraan Peparnas ini adalah bukti nyata pemerintah pusat yang telah memberikan kepercayaan dan yakin dengan Papua sebagai tuan rumah," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia yang juga merupakan Sekretaris Umum PB Peparnas XVI Papua, Rivo Manansang memaparkan, launching tersebut dilakukan sebagai dasar untuk melakukan seluruh pelaksanaan Peparnas XVI.

"Untuk menggambarkan nilai dan tujuan dari penyelenggaraan Peparnas, dan sebagai bentuk informasi tentang penyelenggaraan Peparnas," jelasnya.

Ia menambahkan, untuk logo yang digunakan bergambar honai dan tifa. Yang mana gambar honai melambangkan tempat berlindung keluarga. Dan tiga buah tifa yang melekat di logo, melambangkan tiga tungku kekuatan, yakni pemerintah, masyarakat dan adat.

"Maskot Peparnas memakai burung kasuari yang menggambarkan keunikan, dan kasuari dipilih berdasarkan kepada kepedulian terhadap satwa langka tersebut yang terancam punah. Tema yang diusung yakni bangkit raih kemenangan di tanah papua bermakna semangat juang pantang menyerah dan tetap kokoh berdiri," ujarnya.

Sementara untuk tagline “Sehati Mencapai Tujuan Ciptakan Prestasi” kata Rivo, diambil dari filosofi Honai yang merupakan rumah adat Papua yang berbentuk melingkar atau bulat mempunyai pengertian menjaga kesatuan dan persatuan yang merupakan kekuatan paling tinggi sesama suku serta mempertahankan budaya yang telah diwariskan oleh para leluhur untuk keberlangsungan hidup.

“Menciptakan karakter manusia yang sehati, sepikir dan satu tujuan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Serta simbol dari kepribadian dan merupakan martabat dan harga diri dari orang atau suku pribumi yang harus dijaga oleh keturunan atau anak cucu mereka di kemudian hari,” pungkasnya.

Event Peparnas XVI yang akan digelar pada 2021 mendatang pasca perhelatan PON XX, akan mempertandingkan sebanyak 12 cabang olahraga.