Kota Bogor Mengajukan Diri Jadi Tuan Rumah Porda 2026

Selasa, 15 Desember 2020 20:45 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Adriana Adie/NurPhoto via Getty Images
Bima Arya (tengah) Wali Kota Bogor Copyright: © Adriana Adie/NurPhoto via Getty Images
Bima Arya (tengah) Wali Kota Bogor

INDOSPORT.COM - Kota Bogor mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat tahun 2026 mendatang, hal tersebut disampaikan langsung oleh Wali Kota Bogor, Bima Arya, Selasa (15/12/2020).

Bima Arya, memaparkan perencanaan pembangunan keolahragaan di wilayahnya, termasuk rencana membangun perkampungan atlet, kepada pengurus KONI Jaba Barat. Sehingga, pihaknya merasa optimis Kota Bogor bisa menjadi tuan rumah pada Porda 2026.

"Kita menghitung, sudah cukup memiliki modal untuk menjadi tuan rumah Porda 2026, kerena perencanaannya sudah masuk di situ dan kita optimis kita bisa mempersiapkan itu dalam waktu yang sudah ditentukan," kata Bima Arya, Selasa (15/12/2020).

Selain itu, stakeholder yang ada di wilayahnya sangat kompak dan mendukung. Sehingga, pihaknya semakin optimis Kota Bogor menjadi tuan rumah pada ajang Porda 2026.

"Karena kita punya modal stakeholder holder olahraga yang solid, Pemerintah Kota, DPRD, KONI, Cabor (cabang olahraga) semua, swasta juga solid dan prestasi kita di Porda terus meningkat setiap penyelenggaraan," jelasnya.

Ketua KONI Jawa Barat, Ahmad Saefudin, memberikan tanggapan mengenai Kota Bogor yang mengajukan diri menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat 2026, pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) KONI Jawa Barat yang diselenggarakan di Hotel Preanger, Kota Bandung 14 dan 15 Desember 2020.

Menurutnya, Kota Bogor memiliki tekad yang kuat untuk menjadi tuan rumah, hal itu bisa dilihat dari kehadiran Wali Kota Bogor sekaligus memaparkan rencana pembangunan fasilitas olahraga di wilayahnya.

"Kami dari KONI Jawa Barat dan semua anggota yang saat ini hadir dalam kegiatan RAT ini, sangat antusias dan merespon positif keinginan dan harapan Wali Kota Bogor untuk menjadi tuan rumah pada 2026," ucap Ahmad.

Ahmad, memuji pemaparan konsep Kota Bogor yang siap untuk menjadi tuan rumah pada Porda 2026. Apalagi, masih banyak waktu bagi Pemerintah Kota Bogor untuk membangun fasilitas olahraga di wilayahnya, termasuk rencana membangun perkampungan atlet.

"Lhat dari respon beliau sebagai kepala daerah, dan beliau jadi jaminan sendiri, beliau yang menyampaikan berarti ini bukan hanya sekedar, tetapi ini adalah sebuah pengakuan dari Wali Kota kepala daerah untuk memajukan keolahragaan di daerah dan paling positif yang kami lihat," ungkapnya.

"Beliau mampu mengintegrasikan antara kepentingan keolahragaan dalam hal itu pembinaan prestasi, kemudian kepentingan masyarakat luas untuk ikut serta di dalam mendukung dan memanfaatkan dari sebuah event yang akan dilaksanakan nanti. Dan ternyata, sesuai dengan arah Kota Bogor untuk menuju Kota Bogor sport tourism," katanya.

Kendati demikian, Ahmad akan menyerahkan kepada tim yang dibentuk untuk menyeleksi dan melihat kesiapan segala aspek untuk dijadikan sebagai tuan rumah Porda 2026.