Tingkatkan Kualitas Cabor Atletik, Badan Atletik Dunia Galang Ribuan Aspirasi

Kamis, 29 April 2021 10:32 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Lintasan atletik di dalam Stadion Pakansari, Bogor. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Lintasan atletik di dalam Stadion Pakansari, Bogor.

INDOSPORT.COM - Badan Atletik Dunia (World Athletics) bekerja sama dengan The Global Conversation melakukan survei besar-besaran dalam rangka peningkatan kualitas cabang olahraga atletik.

Survei yang dimulai pada akhir Maret lalu dan akan berlangsung hingga akhir April, sejauh ini telah mengumpulkan 10 ribu masukan dari di 141 negara di 6 benua.

Sampai hari ini, hampir seribu orang atlet profesional telah mengisi survei ini. Sebanyak 27 persen merasa kekurangan fasilitas merupakan tantangan utama dalam mengembangkan atletik di negara mereka.

Sebanyak 55 persen dari pelatih sangat setuju bahwa atletik adalah cabang olahraga yang paling mudah diakses dan aktivitas terbaik untuk mewujudkan dunia yang lebih sehat.

Mereka yang bisa dianggap sebagai atlet amatir adalah bagian terbesar dari demografik sejauh ini. Ketika ditanya hal apa yang paling dapat menarik fans atletik ke cabang olahraga ini, mereka menilai bahwa liputan lebih luas mengenai atletik di media dan televisi memegang peranan penting.

Mereka yang berpartisipasi juga menyuarakan keinginan mereka untuk melihat lebih banyak liputan di media dengan 33 persen dari mereka mengatakan bahwa minimnya pemberitaan di media dan televisi merupakan tantangan terbesar untuk menarik minat penggemar ke Atletik.

Di semua demografi, porsi keberadaan atletik yang lebih banyak di kurikulum sekolah dipilih sebagai solusi utama sejauh ini untuk menarik minat penggemar atletik.