Indonesia Keberatan SEA Games Ditunda hingga 2022

Minggu, 11 Juli 2021 15:24 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemusatan Latihan Timnas SEA Games Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemusatan Latihan Timnas SEA Games

INDOSPORT.COM - SEA Games Hanoi 2021 resmi ditunda hingga 2022. Namun, Komite Olimpiade Indonesia mengaku keberatan karena ingin fokus ke Asian Games 2022.

Sejumlah negara ASEAN juga mengaku keberatan karena memiliki agenda nasional yang tak kalah penting dari SEA Games.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Ferry J Kono mengatakan hingga kini belum ada tanggal pasti pelaksanaan SEA Games usai ditunda.

"(Jadwal SEA Games) belum diputuskan sama sekali. Ada beberapa usulan tahun bahkan bulan, dan masing-masing negara punya alasan masing-masing," kata Ferry.

Indonesia sudah memastikan ikut serta di ajang Asian Indoor and Martial Arts Games (AIMAG) 2021 di Thailand, mulai 20 Maret 2022 mendatang. Ada 29 cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam ajang ini.

Setelah itu, Indonesia juga akan mengikuti Asian Games 2022 di Zhejiang, China, pada 10-25 September 2022. Maka, penundaan SEA Games ke tahun 2022 cukup sulit.

"Filipina bulan April dia ada pemilu, begitu juga di Timor Leste. Dari Indonesia telah disampaikan bahwa kita akan konsentrasi untuk AIMAG dan juga Asian Games 2022."

"Negara lain juga masih ada yang ikut Winter Olympic, sehingga belum diputuskan kapan waktu perubahannya," tambah Ferry lagi.