3 Tokoh yang Janjikan Bonus untuk Kontingen Indonesia Peraih Medali Olimpiade Tokyo 2020

Rabu, 21 Juli 2021 19:25 WIB
Editor: Juni Adi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Tiga tokoh ini menjanjikan bonus besar untuk para atlet Indonesia yang sukses membawa pulang medali dari Olimpiade Tokyo 2020.

Pesta olahraga multi cabang terbesar di dunia, Olimpiade Tokyo 2020 kurang dari beberapa hari lagi akan segera dimulai pada 23 Juli hingga 08 Agustus mendatang.

Sejumlah negara telah bertolak ke Jepang termasuk tim Indonesia. Kontingen Merah Putih dibagi menjadi tiga kloter keberangkatan.

Kloter pertama adalah rombongan tim bulutangkis, kloter kedua dan ketiga diisi oleh sejumlah cabang olahraga seperti angkat besi, selancar, rowing, atletik dan beberapa ofisial tim.

Total ada 77 orang dalam satu rombongan kontingen Indonesia yang terdiri dari Chief de Mission (CdM) Rosan Roeslani, 28 atlet plus satu cadangan, 25 tim ofisial, dan 23 orang personel tim head quarter Chief de Mission.

Sebanyak 28 atlet plus satu yang diberangkatkan itu berasal dari delapan cabang olahraga, yakni atletik, bulutangkis, menembak, dayung, panahan, surfing, renang, dan angkat besi.

Seluruh rombongan yang telah diberangkatkan semuanya telah menjalani sejumlah tes kesehatan, karena dunia masih dilanda pandemi covid-19 seperti karantina, medical cek-up hingga tes swab PCR.

"Persiapan kami sudah lama karena Olimpiade Tokyo ini sudah mundur setahun. Namun, karena Olimpiade ini diadakan dalam situasi yang berbeda maka protokol kesehatan harus benar-benar kami jalankan," kata Rosan Roestani.

Mengenai target sendiri pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), tidak mencanangkan jumlah medali melainkan perbaikan klasemen akhir.

"Target kami langsung peringkat, jadi kami tak menyebut berapa emas, perak, perunggu," kata Menpora Zainudin Amali dalam jumpa pers virtual pada Kamis (8/7/21).

"Tapi saat diskusi, sangat gampang dimonitor. Jadi dalam grand desain target kita harus lebih baik dari yang terakhir," cetusnya.

Pada Olimpiade Rio 2016 di Brasil, kontingen Indonesia berhasil menempati peringkat 46 dunia lewat raihan satu medali emas dan dua perak.