Lika-liku Hidup Simone Biles, dari Kesehatan Mental sampai Diangkat Anak

Jumat, 29 Oktober 2021 16:50 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Laurence Griffiths/Getty Images
Simone Biles, pesenam muda Amerika Serikat yang sempat pecahkan rekor dunia. Copyright: © Laurence Griffiths/Getty Images
Simone Biles, pesenam muda Amerika Serikat yang sempat pecahkan rekor dunia.

INDOSPORT.COM - Pesenam cantik Amerika Serikat, Simone Biles, masih mengalami masalah mental health usai tampil di Olimpiade Tokyo 2020.

Namanya sempat jadi buah bibir usai memutuskan mundur dari multi-event empat tahunan tersebut karena beban dan tekanan yang terlalu berat, termasuk soal raihan medali emas.

"Setelah pertunjukan yang saya lakukan, saya tidak ingin melanjutkannya, saya harus fokus pada kesehatan mental saya,” kata Simone Biles seperti pernah diwartakan laman Sporting News.

"Saya hanya berpikir jika kesehatan mental lebih utama. Olimpiade ini benar-benar membuat stres," ujarnya lagi.

Lebih lanjut, Biles juga menceritakan bagaimana hari-harinya yang ia lalui di Tokyo terasa berat dan panjang. Awalnya ia merasa berkompetisi di Olimpiade 2020 adalah ajang bersenang-senang, namun ternyata tidak.

Ketika rasa tidak nyaman dan kepercayaan diri mulai menurun, tentu bakal sulit bagi seorang atlet untuk fokus dalam kompetisi. Demikian halnya yang dirasakan oleh Biles saat berada di Tokyo.

Meski begitu, pesenam muda berusia 24 tahun ini masih menyabet medali perak untuk kategori balance beam. Ya, setidaknya ia tidak pulang begitu saja tanpa tangan kosong.

Kesehatan mental Biles pun cukup menyedot perhatian publik saat gelaran Olimpiade Tokyo 2020 digelar. Bahkan, tidak sedikit pihak yang memberi semangat padanya, termasuk penyanyi top dunia, Justin Bieber.

Masalah mental health memang cukup sering mendera para atlet belakangan ini. Bukan hanya Simone Biles, Naomi Osaka juga merasakan hal yang kurang lebih sama.