Anggaran Terbatas, NOC Indonesia Hanya Pilih Atlet Terbaik ke SEA Games 2021

Selasa, 15 Maret 2022 13:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© NOC Indonesia
Sekretaris Jenderal NOC Indonesia, Ferry J. Kono Copyright: © NOC Indonesia
Sekretaris Jenderal NOC Indonesia, Ferry J. Kono

INDOSPORT.COM - Mengingat anggaran yang terbatas, Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) hanya akan memilih atlet terbaik untuk tampil di SEA Games 2021.

NOC Indonesia mengkonfirmasi bahwa timnya telah merampungkan review kepada 40 cabang olahraga untuk SEA Games 2021, yang akan segera digelar di Hanoi, Vietnam.

Hasil review itu selanjutnya dimatangkan dalam rapat Komite Eksekutif yang akan menjadi rekomendasi ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Sekjen NOC, Ferry J. Kono mengatakan bahwa Komisi Sport and Development (KSD) telah selesai me-review cabor SEA Games bersama 40 federasi nasional.

"Alhamdulillah Komisi KSD telah selesai merampungkan review cabang olahraga. Kami butuh dua-tiga hari mendiskusikan hasil review ini dengan Komite Eksekutif."

"Kami akan membicarakan atlet dan cabang olahraga apa saja yang berangkat ke SEA Games dan jadi rekomendasi kami untuk diberikan kepada Kemenpora," ucap Ferry.

Komite Olimpiade Indonesia mengundang federasi nasional untuk melakukan diskusi terkait peta kekuatan dan potensi medali yang bisa diraih di SEA Games 2021 nanti.

Hal ini perlu dilakukan, mengingat anggaran pemerintah untuk keperluan keberangkatan kontingen ke SEA Games 2021 sangat terbatas.

Sebagai informasi, fokus Kemenpora dalam PAGU Anggaran Tahun 2022 adalah Asian Games Hangzhou. Sebab, sejatinya SEA Games di Vietnam dilaksanakan 2021 lalu.

Hanya saja, SEAGF memutuskan untuk menunda SEA Games ke Mei 2022 karena pertimbangan pandemi Covid-19, dan tuan rumah saat itu belum siap dengan venue.