Futsal

Kemenpora Coret Futsal dari SEA Games, Albagir: Bagaimana Olahraga Mau Maju?

Selasa, 12 April 2022 08:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Yosef Bayu Anangga
© AFF Futsal/FAT
Skuat Timnas Futsal Indonesia. Foto: AFF Futsal/FAT Copyright: © AFF Futsal/FAT
Skuat Timnas Futsal Indonesia. Foto: AFF Futsal/FAT

INDOSPORT.COM - Kemenpora coret futsal dari kontingen yang diberangkatkan ke SEA Games 2022. Kiper Timnas Futsal Indonesia, Muhammad Albagir langsung bereaksi.

Ya, Kemenpora membatasi anggaran kontingen Indonesia untuk SEA Games 2022, karena agenda ini sebetulnya untuk tahun 2021, namun mengalami penundaan.

Imbasnya, agenda olahraga multi-event yang diikuti oleh Indonesia di tahun 2022 mulai menumpuk. Sehingga, pembagian anggaran juga harus disesuaikan lagi.

Kemenpora memilih memangkas anggaran untuk SEA Games, dan memaksimalkan di Asian Games 2022 di Hangzhou, China.

Maka, atlet yang akan berangkat ke SEA Games 2022 juga tak banyak, hanya mereka yang berpeluang untuk meraih medali saja.

Salah satu kontingen yang dicoret adalah Timnas Futsal Indonesia, yang sebelumnya menjadi runner up di Piala AFF Futsal 2022.

Timnas Futsal Indonesia dianggap tidak prioritas untuk berangkat ke SEA Games 2022, karena mentok dan sulit mengalahkan Thailand yang levelnya sudah di Piala Dunia.

Mendengar hal itu, kiper andalan Timnas Futsal, Muhammad Albagir mengaku sedih. Sebab, tak hanya futsal yang jadi korban, tapi banyak cabor lainnya yang dicoret.

"Mimpi atlet Indonesia kan sangat banyak. Bagaimana olahraga kita mau maju, mereka setiap hari latihan, tapi gugur karena bukan jadi prioritas," ungkap Muhammad Albagir.

"Tapi alhamdulillah ada orang-orang baik yang membawa kita (futsal) untuk tampil di SEA Games," lanjutnya, saat jadi bintang tamu di Youtube Chandra Margatama.