Vietnam Usung Opening Ceremony Penuh Makna di SEA Games 2021

Senin, 9 Mei 2022 14:20 WIB
Penulis: Dwiana Restu Beniartha | Editor: Isman Fadil
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Logo Sea Games Vietnam. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Logo Sea Games Vietnam.

INDOSPORT.COM - Vietnam menjadi tuan rumah SEA Games ke-31 kali ini. Pesta olahraga se-Asia Tenggara akan secara resmi berlangsung dari tanggal 12-23 Mei mendatang.

Menurut rencana Opening Ceremony akan berlangsung pada hari Kamis (12/05/22) mendatang. Vietnam pun sudah menyiapkan beberapa konsep yang mengandung pesan mendalam.

Menurut Tran Duc Cuong, seorang konsultan sejarah dan budaya SEA Games ke-31 sekaligus Presiden Asosiasi Ilmu Sejarah Vietnam, secara khusus menentukan target upacara pembukaan sebelum menggelarnya.

Ia mengatakan bahwa upacara pembukaan SEA Games ke-31 akan dibagi menjadi tiga bagian. Pertama akan menampilkan Vietnam, dengan budaya dan identitasnya sendiri, sebagai negara yang ramah bagi semua negara.

Yang kedua akan menunjukkan kekuatan komunitas ASEAN di peta dunia, dan yang ketiga akan menyajikan solidaritas dan persahabatan antara Vietnam dan anggota ASEAN lainnya dalam upaya untuk menyatukan dan membangun komunitas regional yang kuat.

Tran Duc Cuong juga mengatakan bahwa upacara pembukaan ini melibatkan beberapa pihak termasuk Tran Ly Ly yang menjadi director-general acara.

"Sebagai tuan rumah acara, Vietnam perlu memperkenalkan komunitas ASEAN dan dunia pada budaya dan tradisi negara, dan pada saat yang sama menyampaikan pesan SEA Games 31: Untuk Asia Tenggara yang lebih kuat," katanya dilansir dari nationmultimedia.

"Mereka semua masih muda tetapi berbakat dan sangat antusias. Saya percaya bahwa upacara pembukaan dan penutupan SEA Games ke-31 akan menciptakan penampilan yang luar biasa, meninggalkan kesan yang kuat pada penonton," imbuhnya.

Saat ini, lebih dari 1.000 seniman dan mahasiswa seni dibagi menjadi dua kelompok untuk pelatihan di bawah bimbingan dua penari top Vietnam, Kieu Le dan Hong Phong, serta 15 koreografer berpengalaman lainnya.

Puluhan spesialis dan teknisi lainnya akan terlibat dalam menyiapkan panggung dan membuat kostum dan alat peraga. Dalam upacara pembukaan nanti Vietnam juga akan memadukan seni dengan teknologi canggih.