Menpora Tinjau Kesiapan ASEAN Para Games 2022 di Solo, Gibran Beri Jaminan

Senin, 20 Juni 2022 13:48 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Menpora RI, Zainudin Amali (kiri) saat memberi keterangan pers bersama Walikota Solo, Gibran Rakabuming (kanan) dan Ketua NPC Indonesia, Senny Marbun (tengah). Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Menpora RI, Zainudin Amali (kiri) saat memberi keterangan pers bersama Walikota Solo, Gibran Rakabuming (kanan) dan Ketua NPC Indonesia, Senny Marbun (tengah). Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Menpora RI Zainudin Amali menilai Kota Solo dalam jalur yang benar sebagai tuan rumah ASEAN Para Games 2022 pada 30 Juli hingga 6 Agustus mendatang. Indonesia diharapkan bisa sukses prestasi, penyelenggaraan, dan administrasi.

Zainudin Amali melakukan rapat yang melibatkan NPC Indonesia, INASPOC, Pemkot Solo dan Pemprov Jawa Tengah di Hotel Sunan, Minggu (19/06/22) malam.

Rapat ini hanya selang sehari setelah ASEAN Para Sports Federations (APSF) menggelar koordinasi kedua di Kota Solo, bersama technical delegate.

Zainudin Amali menilai apa yang telah dilakukan Kota Solo sudah tepat. Semua stakeholder bekerja maksimal agar Kota Solo siap menyambut hadirnya ribuan atlet dan ofisial dari sebelas negara di Asia Tenggara.

"Kita dapat menyimpulkan untuk sementara bahwa persiapan sudah berjalan dan Insya Allah diharapkan kita bisa sukses penyelenggaraan, sukses prestasi dan sukses administrasi," kata Zainudin Amali, Minggu (19/06/22).

Tentang prestasi, Zainudin Amali tak meragukan ketika NPC Indonesia memasang target juara umum pada ASEAN Para Games XI 2022 ini. Dari track record yang ada, paralympian Indonesia selalu memecahkan target yang ditetapkan pemerintah.

"Pada Paralimpiade Tokyo, kami targetkan peringkat 60 karena saat di Rio (Brasil) tahun 2016, kita peringkat 76. Dari target peringkat 60, kita dapat berada di posisi 43 dunia," tutur Zainudin Amali.

ASEAN Para Games 2022 nanti juga masuk dalam bagian kesiapan menuju Paralimpiade Paris 2024. Seluruh persiapan nantinya akan terpusat di Kota Solo.

"Atlet-atletnya ini nanti sambung-menyambung. Setelah dari APG, lanjut ke Asian Para Games di Tiongkok tahun 2023. Setelah itu masuk ke Paris 2024," papar Zainudin Amali.

"Pusatnya ada di Solo. Kita sudah putuskan untuk Paralimpiade, persiapannya di Solo dengan dukungan dari UNS," lanjutnya.