Koordinasi Festival Sandeq dan Haornas 2022, Menpora Puji Kepala Daerah Setempat

Kamis, 11 Agustus 2022 00:06 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Indosport.com
Logo Kemenpora Copyright: © Indosport.com
Logo Kemenpora

INDOSPORT.COM - Menpora RI, Zainudin Amali, menerima audiensi Penjabat Gubernur Sulawesi Barat, Akmal Malik, dan Wali kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud di Gedung Graha Pemuda Kemenpora, Jakarta, Rabu (10/8/22). 

Kedatangan rombongan ini untuk melaporkan terkait penyelenggaraan kegiatan Festival Sandeq 2022 di Sulawesi Barat dan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2022 di Balikpapan, Kalimantan Timur. 

"Kami melaporkan kepada Menpora tentang event yang akan dilaksanakan di Sulbar dan Kaltim, yaitu Festival Sandeq," kata Akmal usai pertemuan. 

"Di samping itu, Menpora juga memberikan arahan bahwa acara tersebut disinergikan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional 2022 yang akan dilaksanakan pada 9 September nanti," cetusnya. 

Menurut Akmal, Festival Sandeq akan dilaksanakan mulai 30 Agustus dan puncaknya 9 September tepat pada peringatan Haornas 2022. Kegiatan ini nantinya akan diikuti oleh peserta dari 34 provinsi seluruh Indonesia. 

Pemerintah daerah, baik Sulbar maupun Kaltim, tengah bersiap. Festival Sandeq ini dilaksanakan dengan tidak menggunakan dana APBD, melainkan lebih mengandalkan sponsorship. 

"Alhamdulillah sponsorship hampir mendekati angka 50 persen. Para pesandeq juga tengah menyiapkan kapal-kapal mereka untuk dilibatkan dalam festival tersebut," ujarnya. 

"Pak Wali dan pemerintah provinsi kami memiliki komitmen yang sama untuk menyukseskan penyelenggaraan Haornas 2022, bersinergi dengan kegiatan Festival Sandeq," jelas Akmal Malik.