Momen Haornas 2020, Harapan dan Doa Olahraga Indonesia Bisa Pulih dan Bangkit

Rabu, 9 September 2020 18:16 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© Kemenpora
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengajak masyarakat tetap aktif berolahraga di masa pandemi korona. Copyright: © Kemenpora
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengajak masyarakat tetap aktif berolahraga di masa pandemi korona.

INDOSPORT.COM – Hari Olahraga Nasional 2020 yang jatuh pada hari ini, Rabu (09/09/20) menjadi momentum penting bagi olahraga Indonesia agar bisa segera pulih dan bangkit dari keterpurukan.

Hari Olahraga Nasional (Haornas) diperingkati setiap 9 September ini merujuk pada pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama di Stadion Sriwedari, Surakarta, pada 9 – 12 September 1948.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, peringatan Haornas ke-37 tahun ini dimaknai dengan berat oleh seluruh insan olahraga. Bagaimana tidak, hampir semua kegiatan olahraga baik nasional maupun internasional lumpuh akibat pandemi virus corona atau COVID-19.

Meskipun olahraga tengah terpuruk, masa-masa krisis seperti ini menjadi momen untuk kembali atau memulai dari awal peta keolahragaan nasional agar tak melulu jalan di tempat.

Zainudin Amali, selaku Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), dalam sebuah webminar yang dikutip dari ANTARA, mendorong agar olahraga Indonesia untuk menerapkan tiga aspek, Sport Science, Sport Tourism, dan Sport Industry.

Politikus Golkar itu menyoroti bahwa Indonesia masih gagap dalam pemanfaatkan potensi Sport Tourism, padahal Indonesia memiliki beragam wisata alam yang bisa dipadukan dengan aktivitas olahraga.

Begitu juga dengan penerapan Sport Science. Penerapan sains di bidang olahraga memang sudah ada sejak tahun 80-an, namun nyatakan Menpora masih melihat banyak cabang olahraga yang belum mempraktikannya.

“Tidak ada prestasi yang bisa dihasilkan atau tidak ada prestasi yang maksimal jika tak ada penerapan sport science. Dengan sport science kita sudah bisa tahu, maka itu menjadi pendamping utama dari prestasi yang akan kita dorong,” kata Menpora.

Zainudin juga menganggap Sport Industry di Indonesia masih memprihatinkan. Sampai saat ini Indonesia belum atau memanfaatkan industri olarhaga dan selalu bergantung ke negar alain.

“Begitupun sport industry, yang sampai saat ini kita bergantung dengan produk-produk luar”, tambahnya.

Ketiga aspek ini diharapkan Menpora untuk tetap didorong sehingga bisa menjadi titik awal kebangkitan prestasi olahraga Indonesia di mata dunia

Menambahi harapan Menpora pada momen Haornas 2020 kali ini, Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC) menilai bahwa tiga tema besar Sport Tourism, Sport Science, dan Sport Industry itu saling berkaitan  satu sama lain dengan tujuan utama; peningkatan prestasi olahraga Indonesia.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by NOC Indonesia (@noc.indonesia) on

“Selamat Hari Olahraga Nasional. Mari kita tingkatkan prestasi olahraga Indonesia melalui Sport Science, serta membangkitkan ekonomi melalui Sport Industry dan Sport Science,”  tulis NOC melalui akun di Instagram.

Tentunya dengan peningkatan prestasi, KOI semakin percaya diri di dalam menggaungkan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade 2032.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%