In-depth

Terbaru Pebulutangkis Lakshya Sen, Para Atlet Ini Terseret Dugaan Pemalsuan Umur

Rabu, 14 Desember 2022 18:05 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
© Robertus Pudyanto/Getty Images
Ada yang dicoret dari Piala Dunia 2022, hingga terbaru Lakshya Sen, sejumlah atlet dari beragam cabang olahraga pernah terlibat dugaan pemalsuan umur. Copyright: © Robertus Pudyanto/Getty Images
Ada yang dicoret dari Piala Dunia 2022, hingga terbaru Lakshya Sen, sejumlah atlet dari beragam cabang olahraga pernah terlibat dugaan pemalsuan umur.

INDOSPORT.COM – Ada yang dicoret dari Piala Dunia 2022, hingga terbaru Lakshya Sen, sejumlah atlet dari beragam cabang olahraga pernah terlibat dugaan pemalsuan umur.

Mereka adalah pebulutangkis Lakhsya Sen, bintang sepak bola Timor Leste Gali Freitas, dan bintang timnas Ekuador di Piala Dunia 2022 Qatar, Byron David Castillo.

Berikut membahas satu per satu profil ketiga atlet yang diterpa kasus tidak menyenangkan tersebut, dimulai dari pebulutangkis Lakshya Sen.

1. Lakshya Sen (Bulutangkis)

Tunggal putra yang dijuluki bocah ajaib dari India, Lakshya Sen, dilaporkan ke polisi karena dugaan pemalsuan umur. Kabar itu sebagaimana melansir dari laman The Indian Express, Sabtu (3/12/22).

Dalam pemberitaan, dugaan pemalsuan umur Lakshya Sen tersebut dilaporkan oleh seorang pemilik Akademi Bulutangkis di Bengaluru, Nagaraja MG.

Polisi setempat langsung menyelidiki Lakshya Sen dan pelatihnya, Vimal Kumar serta ayah sang pemain, Dhirendra Sen, sang ibu yakni Nirmala Sen dan saudara laki-lakinya Chirag Sen atas tuduhan tersebut.

Lakshya Sen sendiri berlatih di Akademi Bulutangkis Prakash Padukone. Ayahnya adalah seorang pelatih di Otoritas Olahraga India dan Chirag Sen juga seorang pemain bulutangkis.

Pelapor Nagaraja MG mengklaim bahwa Viral Kumar, yang melatih di Akademi Padukone, bekerja sama dengan dengan orang tua Sen untuk memalsukan akta kelahiran pada tahun 2010 agar Lakhsya Sen dapat berpartisipasi dalam turnamen yang dibatasi usia.

Nagaraja MG mengklaim bahwa Lakshya Sen memalsukan umurnya menjadi dua tahun lebih muda, yakni kelahiran 2001.

Hingga saat ini pun publik mengetahui bahwa Lakshya Sen lahir pada 16 Agustus 2001 di India. Kasus ini sejauh ini masih dalam tahap penyeledikan otoritas India.