In-depth

Termasuk Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, 3 Raja Bulutangkis Termiris Sepanjang 2022

Rabu, 14 Desember 2022 10:36 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tiga atlet berlabel ‘raja’ bulutangkis ini alami nasib paling miris pada 2022, termasuk ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tiga atlet berlabel ‘raja’ bulutangkis ini alami nasib paling miris pada 2022, termasuk ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

INDOSPORT.COM  - Tiga atlet berlabel ‘raja’ bulutangkis ini alami nasib paling miris pada 2022, termasuk ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Selain Marcus/Kevin, ada dua atlet lainnya yang paling misis di musim ini, yakni Lee Yang/Wang Chi-lin ( (Chinese Taipei/ganda putra) dan Kento Momota (Jepang/tunggal putra).

Mereka menjadi tiga atlet bulutangkis bernasib miris lantaran belum sekalipun meraih satu pun gelar juara di tahun ini ditambah bumbu dramatis yang menyentuh.

1. Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon

Raja bulutangkis yang tuai nasib miris pada 2022 yang pertama adalah Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Sepanjang musim ini, ganda putra andalan Indonesia itu belum sekalipun juara.

Pencapaian terbaik Kevin/Marcus di musim ini hanyalah menjadi runner up Denmark Open serta mencapai semifinal All England dan Indonesia Masters.

Capaian yang cukup kontradiktif dibanding tujuh gelar yang dibawa pulang Kevin/Marcus pada 2017, delapan gelar pada 2018, dan delapan gelar pada 2019, dan tiga gelar pada 2020-2021.

Beberapa faktor pun disinyalir menjadi penyebab seretnya gelar bulutangkis bagi Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di musim ini.

Alasan pertama disinyalir lantaran mental yang sempat goyah usai keduanya gagal membawa pulang medali Olimpiade Tokyo 2020.

Alasan kedua lantaran cederanya Marcus Fernaldi Gideon yang membuatnya harus operasi April 2022, sehingga total Kevin/Marcus hanya bermain kurang lebih delapan final turnamen.

Dengan kondisi itu, ranking dunia yang sudah dikuasai Kevin/Marcus sejak 16 Maret 2017 lalu, resmi lengser pada 13 September 2022 digantikan ganda putra Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.