In-depth

Fajar/Rian Punya Kans Rebut Ranking 1 Dunia Tahun Depan: Awas! Ada Kevin/Marcus dan Hoki/Kobayashi

Selasa, 13 Desember 2022 20:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© PBSI
Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, memiliki peluang besar untuk merebut posisi ranking 1 dunia pada tahun 2023. Bagaimana ini terjadi? (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, memiliki peluang besar untuk merebut posisi ranking 1 dunia pada tahun 2023. Bagaimana ini terjadi? (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, memiliki peluang besar untuk merebut posisi ranking 1 dunia pada tahun 2023. Bagaimana ini bisa terjadi?

Fajar Alfian/Rian Ardianto mengakhiri musim 2022 dengan catatan mengesankan. Mereka berhasil menembus 3 besar dalam peringkat dunia yang merupakan pencapaian tertinggi dalam karier mereka sejauh ini.

Kendati nyaris terlempar dari 10 dunia awal tahun ini, Fajar/Rian mampu membuat gebrakan dengan memenangkan gelar Swiss Open 2022 pada Maret lalu.

Swiss Open 2022 pun jadi titik balik kebangkitan performa Fajar/Rian dengan meraih tiga gelar dari tujuh final selanjutnya, yakni di Indonesia Masters, Malaysia Masters dan Denmark Open.

Fajar/Rian sejatinya punya kans meraih gelar kelima di BWF World Tour Finals 2022. Sayangnya, langkah mereka terhenti di babak semifinal usai ditaklukkan Liu Yuchen/Ou Xuan Yi.

Dengan gagal juara di turnamen penutup musim, ada beberapa evaluasi yang dilakukan PBSI terhadap performa Fajar/Rian untuk menatap musim 2023.

Terlebih, musim 2023 akan diwarnai persaingan ganda putra tidak hanya dari Indonesia namun dari seluruh dunia demi menjadi yang terbaik di dunia.

Fajar/Rian sendiri punya peluang besar untuk mencapai peringkat 1 dunia. Namun, posisi mereka masih tertinggal dari rekan senegara Kevin Sanjaya/Marcus Gideon yang ada di posisi kedua dan ganda Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

1. Malaysia Open 2023 Jadi Turnamen Pembuka

Malaysia Open 2022 merupakan tantangan pertama yang harus dihadapi Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto saat mereka membuka musim 2023.

Turnamen yang akan diselenggarakan mulai 9 – 14 Januari 2022 ini untuk pertama kalinya naik kasta ke level Super 1000 dengan menawarkan poin tinggi untuk setiap pemain.

Fajar/Rian, di posisi mereka sebagai ganda putra 3 dunia, mengantongi 88,655 poin masih tertinggal 1000 poin lebih dari Kevin/Marcus.

Jika ingin terbang lebih tinggi musim depan, Fajar/Rian harus tampil sebaik mungkin di Malaysia Open 2023 demi memperkecil jarak poin dari rekan senegaranya.

Poin-poin tinggi juga tersedia di sejumlah turnamen bergengsi, seperti Super 750 India Open (16 -21 Januari), dan Super 500 Indonesia Masters (23-28 Januari).

Berlanjut di Maret, Fajar/Rian juga bisa mengumpulkan poin untuk mengejar takhta ganda putra lewat German Open, All England, dan mempertahankan gelar Swiss Open.