World Beach Games Batal, Sikap Cuek Wayan Koster Disorot Media Internasional

Kamis, 6 Juli 2023 15:22 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© NOC Indonesia/M Rifqi
Menpora Dito Ariotedjo, Gubernur Bali Wayan Koster, dan Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari di Rumah Dinas Gubernur Bali, Jumat (14/04/23). (Foto: NOC Indonesia/M Rifqi) Copyright: © NOC Indonesia/M Rifqi
Menpora Dito Ariotedjo, Gubernur Bali Wayan Koster, dan Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari di Rumah Dinas Gubernur Bali, Jumat (14/04/23). (Foto: NOC Indonesia/M Rifqi)

INDOSPORT.COM - ANOC World Beach Games 2023 batal dihelat di Bali, sikap cuek Gubernur Wayan Koster jadi sorotan media internasional.

Bali mundur sebagai tuan rumah ANOC World Beach Games 2023, meski ajang ini akan berlangsung tak kurang dari sebulan lagi, yakni tanggal 5-12 Agustus mendatang.

Kepastian mundurnya Bali sebagai tuan rumah, disampaikan melalui laman resmi ANOC World Beach Games pada Selasa (4/7/23) malam.

"Bali mundur dari komitmen mereka untuk menggelar 2023 ANOC World Beach Games," tulisnya dalam headline.

"Sebuah kejutan besar dan tentu kekecewaan yang luar biasa saat ANOC mengetahui bahwa LOC Bali 2023 mundur dari komitmen mereka untuk menggelar ANOC World Beach Games dan Rapat Umum ANOC di Agustus 2023."

Mendengar kabar tersebut, masyarakat pun menyoroti Gubernur Bali, I Wayan Koster, yang sebelumnya juga menuai kontroversi karena menolak kedatangan Timnas Israel.

Pada akhirnya, Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Banyak yang menduga jika Wayan Koster juga berperan dalam pembatalan World Beach Games.

Saat awak media coba meminta konfirmasi pada I Wayan Koster, Gubernur Bali justru bersikap acuh tak acuh, sehingga menjadi sorotan media nasional dan internasional.

"Tanya yang sana (penyelenggara), jangan tanya saya," ungkap Wayan Koster singkat, Rabu (5/7/23) kemarin.

Media multinasional The Jakarta Post juga mengutip kata-kata kontroversial Koster, yakni "Don't Ask Me" sebagai headline berita, sehingga menjadi sorotan masyarakat luar negeri.