5 Aturan Konyol Olahraga di Korea Utara, Paling Aneh dari Ajang Basket!

Rabu, 26 Juli 2023 05:00 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Getty Images
Melihat deretan aturan di kancah olahraga di Korea Utara, di mana sebagian aturan yang ada tersebut bersifat aneh bagi khalayak ramai. Copyright: © Getty Images
Melihat deretan aturan di kancah olahraga di Korea Utara, di mana sebagian aturan yang ada tersebut bersifat aneh bagi khalayak ramai.

INDOSPORT.COM – Melihat deretan aturan di kancah olahraga di Korea Utara, di mana sebagian aturan yang ada tersebut bersifat aneh bagi khalayak ramai.

Seperti yang diketahui, Korea Utara merupakan negara tertutup yang sulit dijangkau oleh negara-negara manapun di berbagai belahan dunia.

Karena tertutup, informasi dari Korea Utara pun cenderung jarang diketahui yang membuat banyak orang bertanya-tanya tentang berbagai hal yang ada di negara tersebut.

Salah satunya adalah soal olahraga. Bisa dikatakan bahwa Korea Utara terbilang terbuka dan kerap berpartisipasi di event-event olahraga internasional.

Dalam dunia olahraga, Korea Utara diam-diam punya berbagai aturan konyol yang kerap dianggap aneh oleh banyak orang.

Berikut INDOSPORT coba rangkumkan beberapa aturan konyol dalam ajang olahraga yang ada di Korea Utara.

1. Larangan Berswafoto

Korea Utara dikenal sebagai negara tertutup yang melarang para atletnya untuk menghindari sesi berswafoto atau selfie.

Aturan ini diberlakukan pada saat Korea Utara mengirimkan delegasinya untuk mengikuti Olimpiade Rio 2016 silam. Saat itu, salah satu atletnya, yakni Hong Un-jong kedapatan selfie dengan atlet Korea Selatan, Lee Eun-ju.

Beruntung bagi Hong Un-jong dirinya adalah atlet berprestasi karena meraih medali emas di Olimpiade 2008. Andai ia bukan atlet berprestasi, ia tentu bisa dieksekusi mati.

2. Menolak Hadiah Berbau Korea Selatan

Bukan rahasia lagi jika Korea Utara dan Korea Selatan adalah tetangga yang bermusuhan. Permusuhan ini pun kemudian menular ke olahraga.

Pada Olimpiade Rio 2016 lalu, pemeritan Korea Utara melarang atletnya menerima cinderamata yakni sebuah Smartphone Samsung Galaxy S7 yang merupakan produk bikinan Korea Selatan.

Bahkan aturan ini juga berlaku pada Olimpiade musim dingin 2018, di mana para atletnya dilarang menerima Smartphone bikinan perusahaan Korea Selatan itu.