In-depth

Meski Olahraganya Tak Banyak Gerak, Pecatur Indonesia Ini Miliki Badan Atletis

Rabu, 28 Februari 2018 14:48 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Abdurrahman Ranala
© Alfia Nurul Fadilla/INDOSPORT
Novendra Priasmoro. Copyright: © Alfia Nurul Fadilla/INDOSPORT
Novendra Priasmoro.

Novendra Priasmoro (18) adalah salah satu pecatur asal Jakarta yang saat ini sudah berhasil meraih kejuaraan nasional maupun Internasional. Elo rating kelahiran Jakarta, 24 November 1999 ini kini miliki 2438 elo rating. Sistem peringkat Elo adalah suatu metode untuk menghitung tingkat keterampilan (skill) relatif pemain pada permainan antara dua pemain seperti catur. 

Novendra pun memasang target akan menjadi grandmaster menyusul idolanya, Susanto Megaranto di tahun 2020 saat usianya mencapai 21 tahun, ia juga harus mengumpulkan elo rating sebanyak 2600. Namun, ia akan sangat senang jika targetnya itu mampu dicapai tahun depan, setahun lebih cepat dari yang ditentukan.

“Sebenernya target saya pribadi di tahun 2019,” kata Novendra saat ditemui INDOSPORT (27/02/18).

 
© Alfia Nurul Fadilla/INDOSPORT
United Tractors dukung dua atlet muda catur untuk meraih Grand Master Catur. Copyright: Alfia Nurul Fadilla/INDOSPORTUnited Tractors dukung dua atlet muda catur untuk meraih Grand Master Catur.

Kini, Novendra disponsori oleh salah satu perusahaan alat berat terbesar di Jakarta yang akan memberikan ia pendidikan demi mencapai target masternya dan memberi dukungan jikalau Noven harus pergi bertanding ke luar negeri. Selain Novendra, juga ada nama pecatur cilik yang pernah juara ditingkat Asia, Aditya Bagus Arfan.

Punya Badan yang Tegap Meski Fokus di Catur

Meski baru berumur 19 tahun, badan pria yang tinggal di kawasan  Duren Sawit, Jakarta Timur ini sudah tegap dan berisi bak atlet profesional. Padahal sejatinya, dalam permainan catur tak dibutuhkan kondisi fisik semacam itu.

Namun Noven selalu memperhatikan dan menjaga tubuhnya dengan rajin berolahraga. Selain untuk menjaga kebugaran tubuh, olahraga menurutnya juga menjadi pemanasan yang wajib dilakukan kala dirinya akan melakoni pertandingan.

Masih Suka Hangout Bareng Teman, Meski Sibuk di Dunia Catur

Kesibukan di dunia catur membuat waktu Noven banyak diambil untuk berlatih demi meraih cita-citanya menjadi gelar grandmaster. Sejatinya, anak-anak seusianya masih senang bermain dan berkumpul bersama teman sebayanya.

Hal ini juga dilakukan oleh Novendra yang masih punya rasa itu. Noven ternyata masih suka berkumpul bersama-sama teman satu sekolahnya. Namun, lelaki yang bersekolah di SMK Sriwijaya ini mengaku sejak dirinya fokus ke dunia catur, prestasi disekolahnya menjadi menurun. Kini, Noven duduk di kelas XII, yang sebentar lagi akan melaksanakan Ujian Nasional.

Novendra berkumpul bersama teman-temannya Copyright: INSTAGRAM@akmalnaidiNovendra berkumpul bersama teman-temannya

Sementara di tanggal 13-21 April 2018 nanti Novendra akan mengikuti turnamen 18th Bangkok Chess Open 2018, di Thailand.

Prestasi yang sudah pernah dicapai:

Prestasi Nasional

Juara 1 Japfa Chess Festival U-14 Tahun 2012

Juara 1 Kejuaraan Nasional U-15 Tahun 2014

Juara 1 Japfa Chess Festival U-18 Tahun 2014

Juara 1 Kejuaraan Nasional U-17 Tahun 2015

Juara 1 Kejuaraan Nasional U-19 Tahun 2016

Juara 1 Kejuaraan Nasional Senior Tahun 2017

Prestasi Internasional

Juara 1 APPSO Tahun 2012, Indonesia

Juara 1 Kejuaraan World School Tahun 2014, Brazil

Juara 1 Japfa International Master Tahun 2016, Indonesia

Juara 1 Kejuaraan Asian Junior U-20 Tahun 2017, Philipina

Juara 3 Penang Open Tahun 2017, Malaysia

© United Tractors
Novendra Priasmono Copyright: United TractorsNovendra Priasmono