Atlet Anggar Asian Games Ini Korban Selamat Gempa Nepal 2015

Rabu, 22 Agustus 2018 15:17 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Abdurrahman Ranala
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Atlet anggar asal Nepal yang tengah berpartisipasi dalam Asian Games 2018, Sanjeep Lama, membagikan sedikit kisahnya ketika selamat dari bencana gempa bumi dahsyat yang menimpa negaranya pada tahun 2015 silam.

Menjadi salah satu korban selamat dalam gempa tersebut, Lama bertahan hidup dengan berlindung di dalam saluran air. Bahkan, ibunya saat itu sedang dalam keadaan sekarat setelah berhasil ia selamatkan dari reruntuhan rumah mereka yang ambruk.

“Saya adalah korban gempa dahsyat itu. Saya kehilangan rumah dan ibu saya hampir meninggal. Saya benar-benar tidak tahu harus berbuat apa. Saya tidak tahu bagaimana memulai kembali hidup saya  setelahnya,” kata Lama kepada AFP.

“Rumah kami hancur dan ibu saya tertindih batu. Bagian bawah tubuhnya dipenuhi darah dan ia hampir mengalami kelumpuhan,” kenang Lama soal kondisi ibunya saat itu.

Lama dan ibunya kemudian pulang ke kampung halaman mereka dan berusaha memulihkan diri dari trauma akibat bencana alam yang telah merenggut paling tidak 9.000 jiwa tersebut. Bangkit merupakan hal yang mudah bagi lama. Ia pun kemudian mendedikasikan dirinya dan energinya bermain anggar.

Jalannya menjadi seorang atlet bukan tanpa halangan. Setelah mendapat dukungan dari seorang pelatih, Abhishek Karki, Lama mulai berlatih untuk karier anggarnya. Saat itu fasilitas latihan yang didapatnya pun belum cukup memadai.

Ia bahkan harus berlatih menggunakan batang bambu. Lama juga mengaku mendapat sejumlah tekanan dari keluarganya yang ingin ia lebih fokus belajar dan mendapatkan pekerjaan layak.

Ia kini bertekad untuk melakukan yang terbaik dengan kehidupannya saat ini. Kini, Nepal hanya dapat mengharapkan medali dari nomor beregu untuk cabor anggar. Meski mengaku akan menjadi tantangan besar untuk memenangkan emas, Lama tetap optimistis suatu saat bisa tampil di ajang Olimpiade.

“Sekarang tujuan kami adalah bermain baik secara beregu. Entahlah jika soal emas, tapi dapat berpartisipasi di Olimpiade adalah mimpi kami,” pungkasnya.

 

A post shared by INDOSPORT.com (@indosportdotcom) on

Ikuti terus berita seputar sepak bola dan olahraga lain serta serba-serbi Asian Games 2018 hanya di INDOSPORT