Mengharukan, Ini Makna Lagu Kebangsaan Korea Bersatu yang Berkumandang di Asian Games 2018

Senin, 27 Agustus 2018 06:04 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Prio Hari Kristanto
© AFP/Adek Berry
Medali perunggu pertama untuk Korea Bersatu di nomor perahu naga putri Asian Games 2018. Copyright: © AFP/Adek Berry
Medali perunggu pertama untuk Korea Bersatu di nomor perahu naga putri Asian Games 2018.

INDOSPORT.COM - Korea bersatu berhasil merebut medali emas bersejarah mereka untuk pertama kali di Asian Games 2018. Korea merebut medali emas melalui cabang olahraga kano untuk nomor perahu naga 500 meter putri.

Usai memastikan medali emas, salah satu atlet perahu naga Korea, yakni To Myung Suk, mengungkapkan makna di balik lagu kebangsaan Korea Bersatu. Lagu tersebut pertama kali diperdengarkan di ajang Asian Games 2018.

"Arirang itulah lagu yang tadi diputar di upacara. A itu artinya say goodbye arti dari lagu itu. Sementara Rirang artinya Tuhan selalu di hati dan itu lagu yang sangat menyentuh," ujar Myung Suk di Jakabaring Sport City (JSC).

Sebagaimana diketahui, Korea Selatan dan Korea Utara merupakan negara di semenanjung Korea. Korea terpecah dua usai Perang Dunia II pada 1945 silam hingga saat ini.

Namun dalam beberapa waktu terakhir, kedua negara sepakat untuk menghentikan perang. Bahkan Korea Utara dan Korea Selatan bergabung dalam tiga cabang olahraga yakni basket, perahu naga, dan dayung.

Sebelum merebut medali emas, Korea besatu lebih dahulu merebut medali perunggu melalui cabang olahraga Perahu Naga 200 meter putri.

Tim kontingen Korea Bersatu berhasil tampil gemilang dengan mencatatkan waktu tercepat ketiga, yakni 56,851 detik.
Mereka hanya terpaut 56.161 detik dari tim kontingen China yang berhasil menjadi yang tercepat di ajang ini.

Ikuti terus berita seputar sepak bola dan olahraga lain serta serba-serbi Asian Games 2018 hanya di INDOSPORT