MotoGP

Dovizioso Ingin Seperti 'Nicky Hayden' di GP Valencia?

Senin, 6 November 2017 17:40 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Joko Sedayu
© Getty Images
Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso. Copyright: © Getty Images
Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso.

Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso membutuhkan kemenangan seperti bagiamana layaknya mendiang Nicky Hayden meraih titel juara dunia MotoGP 2006 dari pembalap Yamaha, Valentino Rossi di GP Valencia. Hayden sendiri meninggal usai mengalami kecelakaan pada Mei 2017 lalu.

Rossi kala itu mengungguli Hayden dengan raihan delapan poin. Sayangnya, dalam seri terakhir tersebut, Rossi mengalami kecelakaan dan terpaksa harus mengakhiri balapannya di posisi ke-13.

Dewi fortuna menghampiri Hayden saat menjalani laga terakhir tersebut. Pembalap Amerika Serikat itu menyelesaikan balapannya di posisi ketiga. Lewat kemenangan tersebut, ia berhasil mendapat lima poin. 

Dengan raihan kemenangan tersebut, secara mengejutkan, Hayden pun mengakhiri musim itu dengan titel juara dunia di tangan. Dan kemungkinan besar, momen itu lah yang dinanti oleh Dovizioso di GP Valencia akhir pekan ini. 

© MotoGP
Marquez dan Dovizioso saat memperbutkan posisi pertama di MotoGP Jepang Copyright: MotoGPMarquez dan Dovizioso saat memperbutkan posisi pertama di MotoGP Jepang

Dovizioso akan kembali bertarung melawan rival terberatnya, Marc Marquez di seri terakhir musim ini. Pembalap Spanyol itu unggul 21 poin dari Dovizioso dengan raihan 282 poin usai finish di posisi keempat kemarin dalam gelaran GP Malaysia. 

Pembalap Ducati itu sendiri berhasil meraih kemenangan di GP Malaysia. Kini ia berhasil mengumpulkan 261 poin dari balapan sepanjang musim ini. Namun hal itu belum cukup untuk mengejar ketertinggalannya dari Marquez jika ingin meraih titel juara dunia MotoGP 2017.

Butuh kemenangan dalam GP Valencia nanti untuk dapat mengunci titel tersebut, dan berharap besar Marquez tak mampu menyelesaikan balapnya, atau minimal berada di 11 besar. Tak hanya itu, Dovizioso pun juga harus memenangkan seri akhir pekan ini, jika ingin meraih juara dunia.