Formula 1

Dokumen Rahasia 'Paradise Papers' Seret Juara Dunia F1 2017

Selasa, 7 November 2017 19:23 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© thesun.co.uk
Lewis Hamilton mendapat penghargaan dari Ratu Elizabeth. Copyright: © thesun.co.uk
Lewis Hamilton mendapat penghargaan dari Ratu Elizabeth.

Juara dunia Formula 1, Lewis Hamilton terseret dalam kasus pengemplangan pajak yang terungkap dalam dokumen rahasia 'Paradise Papers'. Dalam dokumen itu, disebut-sebut Hamilton telah melarikan diri dari kewajibannya membayar pajak atas kepemilikan jet pribadi senilai 16,5 juta poundsterling. 

Dilansir BBC, dokumen Paradise Papers menunjukkan adanya pengembalian dana VAT sebesar 3,3 juta VN yang diberikan usai pesawat tersebut diimpor ke Isle of Man pada 2013 lalu. Menurut kabar, kasus tersebut juga turut menyeret Ratu  Elizabeth.

© thesun.co.uk
Lewis Hamilton saat berkunjung ke istana Ratu Elizabeth. Copyright: thesun.co.ukLewis Hamilton saat berkunjung ke istana Ratu Elizabeth.

Diduga, akuntan dan pengacara Hamilton mengambil peran untuk membantunya membuat strategi agar pembalap Inggris tersebut tak perlu membayar pajak jet pribadinya. 

Pasalnya, setiap jet pribadi yang dibeli dari luar negeri, terutama luar Eropa dipastikan akan dikenai pajak sebesar 20 persen. Di bawah perundang-undangan Inggris, Hamilton berhak mendapatkan potongan harga pajak dari pesawat jet tersebut, jika hendak digunakan semata-mata untuk tujuan bisnis. 

Dikabarkan, pembalap berusia 32 tahun itu sendiri telah menggunakan pesawat jetnya untuk kepentingan pribadi sebanyak tiga kali. 

Foto-foto Hamilton yang tengah berada di dalam pesawat jet tersebut menjadi bukti pendukung bahwa penggunaan transportasi udara tersebut hanya untuk berlibur semata. Namun pengacara Hamilton sendiri menampik hal tersebut dan mengungkapkan bahwa tidak ada aktivitas ilegal dan dia mengakui tidak ada pembayaran pajak yang dilakukan oleh Hamilton atas pesawat tersebut. 

© INDOSPORT
Lewis Hamilton saat dipastikan jadi juara dunia 2017 di GP Meksiko. Copyright: INDOSPORTLewis Hamilton saat dipastikan jadi juara dunia 2017 di GP Meksiko.

"Jika penggunaan jet secara pribadi disamarkan sebagai kepentingan bisnis, maka yang sebenarnya Anda dapatkan adalah skema untuk menghindari pajak," ungka Rita De La Feria, ahli hukum Universitas Leeds. 

De La Feria juga menekankan bahwa selama penggunaan tersebut dilakuan untuk kepentingan pribadi, maka secara jelas Hamilton harus membawa pajak untuk konsumsi pribadi.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%