FORMULA 1

Didera Insiden Perampokan, F1 Kapok Balapan di Brasil?

Kamis, 16 November 2017 20:41 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Abdurrahman Ranala
© Twitter/@F1
Sebastian Vettel melempar piala juara GP Brasil. Copyright: © Twitter/@F1
Sebastian Vettel melempar piala juara GP Brasil.

Brasil nampaknya butuh perhatian khusus di tingkat keamanan. Pasalnya, beberapa waktu lalu, saat berlangsungnya balapan GP Brasil, sejumlah anggota dari tim Pirelli menjadi sasaran tindak perampokan pada Minggu (12/11/17) lalu. 

Tak ada korban jiwa dan para anggota tim tersebut berhasil meloloskan diri dari peristiwa tersebut. Hal ini semakin menguatkan pertanyaan di benak penyelenggara soal keamanan sirkuit untuk laga GP Brasil kedepannya. 

© Clive Mason via Getty Images
Para pembalap F1 di ajang GP China 2014. Copyright: Clive Mason  via Getty ImagesPara pembalap F1 

Dilansir Foxsport Asia, pembalap Brasil Felipe Massa sendiri mengaku malu atas insiden tersebut. Di sisi lain, Massa sendiri telah memutuskan untuk pensiun dari dunia balap untuk musim depan. 

"Sayang sekali, saya pikir kita selalu mengharapkan yang terbaik untuk negara kita," ujar Massa. "Sangat menyedihkan mendengar kabar seperti ini karena anda orang Brasil, yang merasa menjadi bagian dari masalah tersebut."

Tak hanya tim Pirreli, insiden serupa rupanya juga menimpa kru Mercedes pada Jumat (10/11/17) lalu. Perampokan tersebut terjadi usai latihan bebas pertama. Beruntung semua kru selamat dan tak ada korban jiwa sama sekali. 

Federasi Mobil Internasional (FIA) sendiri telah melakukan evaluasi dan memastikan insiden tersebut masuk dalam agenda pertemuan World Motor Sport Council selanjutnya yang akan dihelat pada 6 Desember mendatang. 

© formula1
Caption Copyright: formula1FIA dan Formula 1

"Dewan akan mendiskusikan prosedur keamanan yang lebih konsisten dan efektif untuk diaplikasikan dalam setiap ajang yang diselenggarakan F1," ungkap pihak FIA dilansir Marca.

Nantinya, hasil dari pertemuan tersebut akan disampaikan pada pihak penyelenggara kejuaraan untuk memaksimalkan dampak positif yang dapat diterapkan dalam ajang-ajang tersebut.

FIA akan menjanjikan lingkungan yang lebih aman bagi ajang balap F1 sehingga hal tersebut akan meningkatkan kenyamanan bagi mereka yang bekerja di dalamnya maupun pengunjung yang menyaksikan kompetisi tersebut.