Jelang Seri Akhir, Duo Mercedes Dominasi FP3 GP Abu Dhabi

Sabtu, 25 November 2017 19:22 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Lewis Hamilton saat dipastikan jadi juara dunia 2017 di GP Meksiko. Copyright: © INDOSPORT
Lewis Hamilton saat dipastikan jadi juara dunia 2017 di GP Meksiko.

Pembalap Mercedes Lewis Hamilton mencatat waktu tercepat saat jalani sesi latihan bebas terakhir sebelum menjalani sesi kualifikasi pada Sabtu (25/11/2017) ini. Hamilton berhasil meraih catatan kecepatan 1 menit 37.627 detik dalam sesi balap yang dilakukan di Sirkuti Yas Marina. 

Di posisi kedua, pembalap Mercedes lainnya, Valtteri Bottas tertinggal 0.273 detik dari dari Hamilton. Bottas sendiri berhasil melahap 21 lap saat menjalani sesi latihan bebas ketiga itu. 

Sementara itu dua pembalap Ferrari, Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen berada di posisi ketiga dan keempat. Raikkonen mencatat kecepatan 1 menit 38.157 detik, sedangkan Vettel sendiri meraih catatan kecepatan 1 menit 38.174 detik. 

lain nasib dengan dua pembalap Red Bull, Daniel Ricciardo dan Max Verstappen. Ricciardo mengakhiri sesi latihan bebas terakhir tersebut di posisi kelima. Pembalap Australia itu meraih catatan waktu 1 menit 38.340 detik, diikuti Verstappen di posisi keenam dengan catatan waktu 1 menit 38.587 detik. 

Di sisi lain, tak ada insiden berarti yang terjadi selama sesi latihan bebas ketiga ini. Namun terekam momen payung besar di pinggir lintasan yang tertiup angin kencang. Insiden kecil itu memaksa safety car turun ke lintasan untuk mengendalikan balapan sementara. 

Kondisi balapan kualifikasi nantinya nampak akan begitu berbeda jika dibandingkan saat jalani sesi latihan terakhir tadi, dimana kualifikasi nanti akan memiliki suhu yang lebih dingin di malam hari. Hal tersebut berbeda dengan sesi latihan bebas yang diadakan siang tadi. 

Lewis Hamilton sendiri masih akan berjuang di seri terakhir Abu Dhabi meski dirinya telah meraih gelar juara dunia Formula 1 musim ini. Ia masih akan bersaing dengan Vettel untuk memenangi seri balap kali ini. Usai berakhirnya seri ini, pembalap akan segera menjalani tes balap untuk menjajal mobil guna mempersiapkan musim depan.