Makin Banyak, Dua Ban Anyar Siap Warnai Balap Formula 1 2018

Sabtu, 25 November 2017 14:42 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© autoviva.com
Ban Pirelli untuk mobil F1 Copyright: © autoviva.com
Ban Pirelli untuk mobil F1

Pirelli sebagai pemasok ban untuk mobil balap di ajang Formula 1 telah mengeluarkan dua ban jenis teranyar yang akan diperkenalkan pada musim 2018 nanti. Kedua ban tersebut adalah jenis Hypersoft dan Super Hard. 

Dalam musim-musim sebelumnya, terdapat lima jenis ban yang disediakan untuk ajang F1. Kelima jenis ban tersebut adalah ultrasoft, supersoft, soft, medium, dan hard. Tentu saja dengan kehadiran dua ban terbaru itu, akan terjadi pergantian warna pada sejumlah ban. 

"Hypersoft adalah senyawa paling lunak yang pernah kamu buat sejauh ini di F1. Kami menyadari bahwa ada keadaan unik tahun ini dimana beberapa senyawa kamu di 2017 mungkin konservatif," ungkap manajer balap Pirelli, Mario Isola, seperti dilansir Autosport

Ban hypersoft dan superhard akan masuk dalam golongan ban kering, yang biasanya akan digunakan pada lintasan sirkuit kering. Hypersoft sendiri akan memiliki warna merah muda sebagai penandanya. Sementara superhard memilki warnya oranye. 

Karena warna oranye akan digunakan pada ban superhard, maka ban hard sendiri akan menggunakan warna biru muda pada dindingnya. Sedangkan ban ultrasoft yang semula merah muda, menjadi warna ungu. 

Kompon ini secara resmi akan diperlihatkan dalam tes balap yang akan diadakan di Abu Dhabi pada pekan mendatang, di mana balap seri terakhir F1 musim ini akan berakhir pada akhir pekan ini. 

Dalam tes balap nanti, tentunya akan menjadi kesempatan bagi para pembalap untuk beradaptasi dengan dua kompon anyar keluaran Pirelli tersebut. Dan tak hanya ban, penambahan komponen bernama 'Halo' untuk melindungi kepala pembalap dari benturan hingga kini masih terus didiskusikan oleh pihak FIA.