MotoGP Siap Sambut Wajah Baru Sirkuit Catalunya Musim Depan

Sabtu, 25 November 2017 16:54 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Galih Prasetyo
© MotoGP.com
Penampakan Sirkuit Catalunya. Copyright: © MotoGP.com
Penampakan Sirkuit Catalunya.

Sirkuit de Barcelona-Catalunya telah setuju atas perubahan trek, seperti yang diminta oleh FIM agar dapat menjalani rangkaian homoglasi. Perubahan ini termasuk memperluas area run-off dan memperbaharui seluruh lintasan. 

Perubahan yang akan paling nampak terdapat pada tikungan 12. Titik tikungan yang seringkali digunakan oleh MotoGP tersebut akan diperluas untuk meningkatkan keamanan bagi para pembalap yang melalui area tersebut. 

© Speedweek
Rancangan Sirkuit Catalunya yang baru Copyright: SpeedweekRancangan Sirkuit Catalunya yang baru

Untuk itu, akan ada sejumlah pemindahan lokas grandstand dari sirkuit tersebut. Tepatnya Grandstand C dan seluruh Grandstand H akan dipindahkan untuk memberikan ruang lebih banyak bagi area kerikil. Area pengereman sendiri akan diperpanjang menjadi 20 meter. 

Dilansir dari situs resmi MotoGP, perubahan sirkuit Catalunya ini nanti panjangnya akan menjadi 4.627 meter, ditambah variasi tikungan F1 di tikungan 10 yang digunakan pada 2016 lalu dan tahun ini. 

© GETTY IMAGES
Caption Copyright: GETTY IMAGESMotoGP Catalunya

Sedangkan tikungan 12 yang digunakan pada 2015 lalu, nantinya pada tampilan sirkuit terbaru musim depan, akan berubah menjadi tikungan 13.

Perbaikan keselamatan lainnya yang diperlukan untuk memenuhi ketentuan homoglasi tersebut adalah pelapisan kembali secara menyeluruh pada Sirkuit Catalunya. 

Semua pekerjaan tersebut dilakukan guna memenuhi persyaratan FIM yang akan dilakukan pada Januari 2018 mendatang. Namun untuk pembongkaran grandstands sendiri akan dilakukan di minggu-minggu terakhir Desember.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%