MotoGP

Hebat, Direktur Medis MotoGP Raih 'Penghargaan' Dokter Terbaik Versi Forbes

Sabtu, 23 Desember 2017 15:47 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Abdurrahman Ranala
 Copyright:

Menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi dunia balap MotoGP, karena ternyata direktur medis yang menangani cedera maupun kesehatan para pembalap mereka baru saja didaulat menjadi dokter terbaik di Spanyol versi majalan bisnis terkemuka dunia, Forbes. 

Dia adalah Dr. Angel Charte yang menjabat sebagai direktur medis di MotoGP. Tak didaulat sebagai dokter terbaik sendirian, Forbes juga mendaulat dokter spesialis traumatologi MotoGP, Dr. Xavier Mir sebagai tenaga medis terbaik di Spanyol. 

© El Mundo
Dr. Angel Charte (kanan) dan Dr. Xavier Mir (kiri) Copyright: El MundoDr. Angel Charte (kanan) dan Dr. Xavier Mir (kiri)

Kedua dokter itu sendiri dikenal sebagai Medical Direction MotoGP dalam beberapa musim ini. Dilansir Motorsport, Dr. Charte kini tengah menjabat sebagai Kepala Departemen Penyakit Dalam di Rumah Sakit Universitarion Quiron Dexeus yang berada di Barcelona.

Sedangkan rekannnya, Dr. Mir merupakan Kepala Unit Tangan dan Mikro Operasi di Departemen Traumatologi dan Bedah Ortopedi.  Ia sendiri bekerja di rumah sakit yang sama dengan Dr Charte hingga saat ini, dimana rumah sakit tersebut merupakan bagian dari grup Quirónsalud.

© Twitter
Dr. Angel Charte Copyright: TwitterDr. Angel Charte

Quirónsalud sendiri secara resmi diberi nama Medical Direction MotoGP jelang balapan seri Catalunya beberapa waktu lalu. Hal tersebut kemudian semakin memperkuat hubungan kerja dari dua belak pihak yang memang telah dimulai sejak 2013 lalu. 

Kehadiran Medical Direction ini tentu saja memberikan manfaat yang begitu besar bagi terselenggaranya ajang balal MotoGP ini. Terlebih lagi, dengan kehadiran dokter-dokter terbaik Spanyol versi majalah Forbes, Dokter Charte dan juga Dokter Mir. 

Mengingat ajang balap MotoGP merupakan salah satu kompetisi olahraga ekstrim, dimana kecelakaan bisa saja terjadi saat balapan berlangsung. Maka penanganan medis yang benar tentunya harus hadir untuk menunjang keselamatan hidup para pembalap.