MotoGP

Yamaha Tech 3 Tunjuk Yonny Hernandez Usai 'Depak' Jonas Folger

Senin, 22 Januari 2018 16:37 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Abdurrahman Ranala
 Copyright:

Salah satu pembalap asal Kolombia Yonny Hernandez dikabarkan akan menggantikan joki Yamaha Tech 3 Jonas Folger pada tes pramusim pertama MotoGP di Sepang, Malaysia.

Dilansir laman Motor Sport, Folger mengumumkan harus absen selama satu musim penauh pada 2018. Folger sendiri mengalami penyakit Sindrom Gilbert atau penyakit gangguan hati ringan. Sehingga kondisi kesehatan menjadi alasannya.

© Internet
Caption Copyright: InternetYonny Hernandez.

Usai mengumumkan diri tidak bisa mengikuti balapan, tentu membuat timnya harus tancap gas untuk bisa menemukan pembalap pengganti. Apalagi tes pramusim di Sepang akan bergulir dalam waktu dekat ini.

Hernandez lah yang akhirnya ditunjuk sebagai pengganti, sosok yang telah berpengalaman di MotoGP pada 2012 sampai 2016, serta pernah memperkuat BQR, PBM, Pramac Racing dan Aspar Team.

© Mirco Lazzari gp/Getty Images
Pembalap Tech 3 asal Jerman, Jonas Folger. Copyright: Mirco Lazzari gp/Getty ImagesPembalap Tech 3 asal Jerman, Jonas Folger.

Pada 2017, ia harus mundur satu langkah dengan kembali menjalani balapan Moto2. Sayang performanya yang buruk membuatnya harus diberhentikan oleh Tim AGR pada pertengahan musim.

Sejatinya pada musim ini, Hernandez telah mencapai kesepakatan dengan skuat Pedericini untuk menjalani balapan di Kejuaraan Dunia Superbike.

Namun Yamaha Tech 3 sendiri diyakini ingin memiliki pengganti permanen Folger sebelum tes pramusim kedua di Thailand pada pertengahan Februari nanti. Tak diketahui apakah Hernandez merupakan kandidat atau tidak.