MotoGP

3 Keuntungan untuk Indonesia bila Lombok Jadi Tuan Rumah MotoGP

Rabu, 7 November 2018 16:11 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© kicknews.today
Penampakan Sirkuit MotoGP di Lombok. Copyright: © kicknews.today
Penampakan Sirkuit MotoGP di Lombok.

INDOSPORT.COM – Indonesia sempat diwacanakan untuk menjadi tuan rumah MotoGP dalam beberapa kesempatan. Bermula dari Sirkuit sentul hingga pembuatan sirkuit MotoGP di Palembang, kini Indonesia memiliki potensi untuk menjadi tuan rumah MotoGP 2021.

Seperti yang dilansir dari portal berita olahraga Motorsport, baru-baru ini CEO Dorna Sports, Ezpeleta, berkunjung ke salah satu wilayah dibagian timur Indonesia untuk meninjau lokasi yang direncanakan akan dibangun sirkuit bertaraf internasional yang dapat digunakan untuk ajang balap MotoGP.

Wilayah seluas 131 hektar yang berlokasi di Mandalika, Lombok, direncanakan akan dipilih sebagai lokasi pembangunan sirkuit yang dikabarkan menelan biaya investasi hingga 1 miliar dollar Amerika atau setara dengan Rp14,5 triliun.

Dalam masa pembangunan hingga menyelenggarakan ajang MotoGP, pihak penyelenggara meminta beberapa persyaratan yang harus dipenhi dan jika pemerintah Indonesia bisa memenuhi semua persyaratan maka bukan tak mungkin Indonesia akan menjadi salah satu tuan rumah MotoGP.

Jika Indonesia berhasil menjadi salah satu tuan rumah ajang balap motor terbesar didunia tersebut maka Indonesia akan dapat banyak keuntungan dari penyelenggaraan MotoGP.

Berdasarkan hal tersebut, INDOSPORT merangkum tiga keuntungan yang didapat Indonesia jika Lombok menjadi tuan rumah MotoGP.