MotoGP

Demi MotoGP di Lombok, Indonesia Siap Gelontorkan Dana Rp700 Miliar

Minggu, 18 November 2018 18:02 WIB
Penulis: Dimas Ramadhan Wicaksana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© www.speedcafe.com
Tampak atas calon sirkuit MotoGP Lombok. Copyright: © www.speedcafe.com
Tampak atas calon sirkuit MotoGP Lombok.

INDOSPORT.COM – Impian Indonesia bisa menggelar ajang balap motor terbesar di dunia, MotoGP nampaknya segera terwujud.

Indonesia Tourism Development Corporation telah menyatakan akan mengalokasikan dana besar untuk membuat Sirkuit Mandalika, Lombok.

Beberapa waktu yang lalu, CEO Dorna Sports, Carmelo Ezepeleta telah mengunjungi Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat yang diyakini akan menjadi tempat untuk penyelenggaraan MotoGP Indonesia.

Tidak hanya itu, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) juga telah mengonfirmasi bahwa area tersebut bakal jadi sirkuit MotoGP Indonesia.

Terbaru, seperti yang dikutip dari Antara, ITDC sudah menyiapkan anggaran yang sangat besar hingga 800 miliar rupiah untuk pembangunan jalan raya sepanjang 20 kilometer yang digunakan sebagai lintasan balap MotoGP.

"Untuk kebutuhan jalan ini kita anggarkan Rp700-Rp800 miliar. Tapi tidak seluruhnya untuk jalan, ada kita fungsikan untuk kegiatan lain dalam kawasan," kata Direktur Kontruksi dan Operasional PT Indonesia Tourism Development Corporation (PT ITDC), Ngurah Wirawan.

Lebih lanjut Ngurah mengatakan bahwa jalan raya sepanjang 20 kilometer itu nantinya memiliki lebar 30-40 meter, namun untuk lintasan MotoGP jalan yang harus dibangun mencapai 15-90 meter.

"Detailnya saya tidak terlalu paham, karena yang lebih memahami itu Vinci bersama Dorna selaku investor. Tapi, karena lintasan MotoGP ada standar-standar sendiri sehingga harus lebih dibangun lebar," terangnya.

Rencana pembangunan MotoGP Mandalika ini terbilang sudah sangat serius. Pasalnya, ITDC sudah melakukan tanda tangan perjanjian Master LUDA dengan Vinci Construction and Grand Projets (VCGP) selaku investor.

Bahkan diakui oleh Carmelo kalau MotoGP sangat tertarik untuk menggelar salah satu serinya di Mandalika karena belum pernah ada lintasan balap melewati bukit dan kawasan wisata dengan jalan raya.

"Tugas kita (ITDC) membangun jalan, sedangkan untuk lintasan MotoGP dan seluruh properti seperti tribun penonton dan fasilitas lainnya akan dibangun oleh Vinci bersama Dorna," jelas Ngurah Wirawan.

Total lintasan sirkuit MotoGP di KEK Mandalika ini mencapai 4,2 kilometer yang dibangun di atas lahan seluas 160 hektare, di mana 130 hektare diperuntukkan untuk pembangunan sirkuit dan 20 hektare untuk hotel, rumah sakit, dan fasilitas pendukung lainnya.

Meski demikian, Ngurah menegaskan ada tidak ada MotoGP di Mandalika, ITDC akan tetap membangun jalan untuk kawasan. Sebab, jalan yang dibangun di Mandalika bukan untuk sirkuit tertutup. Namun, multifungsi.

"Kita sediakan areal kepada Vinci. Untuk jadi areal komersial. Jalan yang ada ditata sehingga menjadi trek balap," tandas Ngurah Wirawan.

Ikuti Terus Berita MotoGP dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%