MotoGP

Jokowi Secara Tegas Sebut Sirkuit Mandalika Siap Jadi Tuan Rumah MotoGP

Selasa, 12 Maret 2019 14:00 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Mandalika Copyright: © INDOSPORT
Mandalika

INDOSPORT.COM - Presiden Joko Widodo menegaskan Indonesia sudah siap menjadi tuan rumah ajang balap motor paling bergengsi di dunia, MotoGP, yang bakal diadakan di kawasan wisata Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dikutip Antara, Presiden Joko Widodo saat bertemu dengan CEO Dorna, Carmelo Ezepelata, di Istana Bogor, Senin (11/03/19) kemarin, memutuskan bahwa Indonesia sendiri telah serius dan yakin untuk menggelar MotoGP di Sirkuit Mandalika pada 2021. 

"Ini yang pertama, kan sudah ada tanda tangan kerja sama antara ITDC dan Dorna untuk penyelenggaraaan MotoGP pada 2021. Ini tadi, Mr Carmelo hanya ingin mendapatkan keyakinan bahwa kita siap baik dalam organisasi untuk menyiapkan infrastruktur menuju ke sana. Dan, saya sampaikan bahwa kita siap," tegas Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Alasan Jokowi menyatakan siap menggelar MotoGP di Indonesia lantaran berkaca dari suksesnya pelaksanaan Asian Games 2018. 

Orang nomor satu di Indonesia ini juga menyampaikan jika sebelumnya pada perhelatan Asian Games yang mendatangkan 35.000 atlet pun Indonesia mampu melakukan hal tersebut.

Dalam kesempatan itu turut hadir pula, Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansoer dan beberapa pembalap MotoGP lainnya.

© INDOSPORT
Mandalika Copyright: INDOSPORTMandalika.

Dorna Sport, pemegang hak siar kejuaraan dunia Grand Prix dan ITDC, sebagai pengelola kawasan wisata Mandalika, telah resmi mengumumkan kesepakatan gelaran MotoGP Indonesia di Mandalika mulai 2021.

Usai kesepakatan tersebut, CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta dan Direktur Utama ITDC, Abdulbar M. Mansoer disambut hangat oleh Presiden Joko Widodo, Senin.

Selesai berdialog di Istana, mereka kemudian mengajak Presiden Jokowi untuk melihat langsung motor-motor dari tiga kelas yang digunakan para rider GP.

Tiga motor yang sudah terparkir di halaman Istana Kepresidenan Bogor, satu di antaranya dijajal dan dinaiki oleh Presiden.

© INDOSPORT
Mandalika Copyright: INDOSPORTMandalika

Presiden Joko Widodo saat didampingi Menpora, Imam Nahrawi kembali menegaskan jika gelaran ini, Indonesia harus optimis dan berani memulai.

"Ini saya kira ya kita memang harus berani melangkah dan menyiapkan, memang tugasnya Pak Menpora untuk kita nanti memiliki sirkuit di Mandalika," pungkasnya.

Soal perkembangan pembangunan infrastruktur pendukung, Presiden Jokowi telah menyerahkan sepenuhnya kepada ITDC.

Penulis: Neneng Astrianti

Ikuti Terus Berita Olahraga MotoGP hanya di INDOSPORT