Formula 1

Melaju Terlalu Pelan, Vettel Nyaris Kena Penalti di F1 GP Bahrain

Minggu, 31 Maret 2019 12:41 WIB
Penulis: Bagas Rahadian | Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT
Pembalap Formula 1 (F1) Ferrari, Sebastian Vettel . Copyright: © INDOSPORT
Pembalap Formula 1 (F1) Ferrari, Sebastian Vettel .

INDOSPORT.COM - Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, diketahui hampir memperoleh hukuman dari pengurus Grand Prix Formula 1 Bahrain lantaran diduga dengan sengaja memacu mobilnya terlalu pelan.

Seperti dilansir dari Motorsport, pengurus F1 GP Bahrain dikabarkan meminta penjelasan dari si pembalap asal Jerman atas dugaan pelanggaran aturan yang dilakukannya pada sesi kualifikasi Sabtu (30/03/19) kemarin. 

Dalam sesi kualifikasi tersebut, Vettel didapati memacu mobilnya di bawah waktu maksimum antara garis pengaman mobil, sebagaimana telah ditetapkan sebelumnya oleh direktur pelaksana GP Bahrain menjelang balapan tersebut.

Namun, Vettel berkilah bahwa tindakan itu ia lakukan karena mendapati masalah pada kedua ban depannya sebelum mengambil tikungan pertama.

Vettel setelahnya mengatakan terdapat getaran keras pada mobilnya yang mana ia mampu buktikan melalui tabel telemetry (teknologi pengukuran dan penyampaian informasi) di mobil Ferrarinya.

Akibat getaran tersebut, Vettel mengaku tidak mampu menjaga kecepatan yang dibutuhkan setelahnya dan harus melaju dengan kecepatan di bawah ketentuan.

Beruntung, atas penjelasan tersebut Vettel berhasil meyakinkan pengurus GP Bahrain dan terbebas dari ancaman penalti tersebut.

Pada kualifikasi tersebut, rekan Vettel yang merupakan pembalap anyar Ferrari, Charles Leclerc, sukses meraih pole position dengan torehan waktu tercepat 1 menit 27,866 detik pada kualifikasi ketiga yang berjumlah 14 putaran.

Sementara, Vettel berada pada urutan kedua dengan waktu tercepatnya yakni 1 menit 28,160 detik dan akan mengawali start di posisi kedua pada balapan Minggu (31/03/19) malam WIB nanti. 

Di belakang keduanya, terdapat duo Mercedes yakni Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas. 

Ikuti Terus Kabar Formula 1 dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM