MotoGP

Jadi Tuan Rumah MotoGP 2021, Wakil Gubernur NTB Undang Investor Asing

Senin, 24 Juni 2019 12:24 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Twitter/MotoGP
Desain Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021. Copyright: © Twitter/MotoGP
Desain Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021.

INDOSPORT.COM  - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, Sitti Rohmi Djalilah, mengundang para pelaku bisnis di Prancis untuk berinvestasi, menyusul persiapan provinsi itu sebagai tuan rumah MotoGP 2021.

Dilansir dari kanal berita olahraga Antara, Wagub NTB, Sitti Rohmi Dhalilah, bertemu dengan puluhan pelaku bisnis perjalanan wisata saat berkunjung di Prancis dalam rangka menghadiri pertemuan Dewan Koordinasi Internasional Manusia dan Program Biosfer, UNESCO atau The International Coordinating Council of The Man and The Bisphere Programme.

Dalam kunjungannya itu, Wagub Sitti menjelaskan bahwa NTB saat ini memiliki potensi yang menarik untuk dikembangkan. Apalagi dua tahun mendatang, NTB akan menjadi tuan rumah MotoGP 2021.

Wagub Sitti menilai bahwa investasi sangat diperlukan untuk menunjang agenda olahraga tingkat internasional ini, terutama investasi dalam hal pengambangan sektor pariwisata olahraga.

“Ini adalah peluang besar, investor masa depan kami, untuk menciptakan bisnis di sini, di pulau Lombok, NTB," katanya.

“Dengan potensi dan karakteristik yang dimiliki, dan investasi besar ke MotoGP dan potensi investasi di masa depan ke dalam Formula 1, kami yakin kami dapat mengembangkan platform pariwisata olahraga yang hebat,” ucapnya.

Pemerintah Indonesia sebelumnya juga telah mendukung Lombok sebagai tuan rumah MotoGP 2021. Melalui Indonesia Tourism Development Corporation, mereka akan mengalokasikan dana besar untuk membuat Sirkuit Mandalika, Lombok.

ITDC sudah menyiapkan anggaran yang sangat besar hingga 800 miliar rupiah untuk pembangunan jalan raya sepanjang 20 kilometer yang digunakan sebagai lintasan balap MotoGP.

Selain MotoGP, ada pula rencana menggelar balapan Formula 1 (F1) di Lombok. Formula 1 telah terbukti menjadi acara olahraga ketiga yang paling banyak ditonton di dunia setelah Piala Dunia FIFA dan Olimpiade.

Tercatat hampir 21,1 juta orang mengikuti Formula 1 di media sosial. Ajang balap mobil ini juga disiarkan di 159 negara, dan rata-rata 200 ribu orang menghadiri setiap perlombaan. F1 dipastikan akan melahirkan dampak yang menakjubkan.

Selain dua ajang balap internasional itu, NTB juga telah menggelar turnamen sepeda Tour de Lombok pada tahun 2017, yang rutenya membentang sepanjang 480 kilometer dan Mandalika ke Mataram.